Kelas 1 SD/MI Tematik 8 Peristiwa Alam Guru 2017

9,003,521 kali dilihat, 5,381 kali dilihat hari ini

Kelas_01_SD_Tematik_8_Peristiwa_Alam_Guru_2017_001-1.jpg

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Kelas 1 SD/MI Tematik 8 Peristiwa Alam Guru 2017
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Yun Kusumawati, Panca Ariguntar, Lubna Assagaf.
  • Penelaah : Advendi Kristiyandaru, Elindra Yetti, Suwarta Zebua, Trie Hartiti Retnowati, Tijan, Liliana Muliastuti, Wahyuningsih, Gres Gresia Azwin.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Daftar Isi 

Kata pengantar  iii

Tentang Buku Guru  iv

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?  v

Teknik dan Instrumen Penilaian  vii

Standar Kompetensi (SKL) dan Kompetensi Inti Kelas I  xi

Daftar isi  xii

Subtema 1

Peristiwa Siang dan Malam  1

Subtema 2

Kemarau  44

Subtema 3

Penghujan  98

Subtema 4

Bencana Alam  140

Daftar Pustaka  187

Profil Penulis  188

Profil Penelaah  190

Profil Editor  195

Profil Ilustrator  196

 

Kata Pengantar

Buku  guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di   kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku  KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku  teks yang  sarat materi. Guru maupun peserta didik  juga dapat memanfaatkan bahan- bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh  Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap  melakukan proses pengamatan  perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik. 

Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Pada kenyataannya, buku ini merupakan draf pertama, dan masih akan disusul dengan draf kedua, sebelum akhirnya dianggap sempurna pada draf ketiga atau final. Untuk mencapai hal tersebut, sesuai rencana Kemendikbud, dibutuhkan waktu selama 3 (tiga) tahun.

Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan masukan untuk perbaikan mengarah pada kesempurnaan. Kritik dan saran-saran produktif dari pembaca dan pengguna sangat kami nantikan untuk perbaikan di masa yang  akan datang.

 

Tim Penulis

 

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

9,320 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *