Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Guru 2017

7,937,105 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Kelas_11_SMA_Pendidikan_Agama_Islam_dan_Budi_Pekerti_Guru_2017_001

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Guru 2017
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Mustakim dan Mustahdi.
  • Penelaah : Asep Nursobah dan Ismail.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan seru sekalian alam. Selawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi besar Muhammad saw, serta para keluarganya, para sahabatnya, para pengikut setianya sampai akhir zaman, Amin.

Dengan kehendak dan kuasa Allah Swt.,penulis  dapat menyelesaikan buku guru Pendidikan  Agama  Islam  (PAI)  Budi Pekerti  untuk  kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Buku guru PAI dan Budi Pekerti ini merupakan salah satu pedoman dan panduan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian terhadap peserta didik di sekolah.

Sebagaimana diamanatkan pada pasal 3 UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa tujuan pendidikan Nasional adalah “ Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis dan bertanggung  jawab”, maka buku ini diharapkan menjadi media untuk terwujudnya harapan tersebut.

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi dan Standar  Proses kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial ( Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI 1 dan KI 2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan  pula aspek pengetahuan dan ketrampilan yang disampaikan dengan pendekatan saintifik agar peserta didik aktif mencari dan menemukan informasi sendiri.

Diawali dengan tema: “Membuka Relung Kalbu” dan “Mengkririsi Sekitar Kita” di dalam buku siswa diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian dapat menyelesaikan  masalah-masalah  tersebut dengan baik denagn bimbingan guru PAI melalui buku guru ini.

Memang, dalam buku ini tidak semua langkah dan strategi pembelajaran dijabarkan secara luas, hal ini sengaja dilakukan agar para guru PAI dan Budi Pekerti mau menacari informasi lain dan berkreasi untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang lebih dinamis sesuai dengan potensi anak dan sekolah masing-masing.

Setelah selesai sub pokok bahasan di dalam buku siswa, peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas dalam bentuk “Aktivitas Siswa”. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari informasi, bukan dijejali informasi. Sementara di setiap akhir bab ditambah  dengan “ Menerapkan Perilaku  Mulia “, ini dimaksudkan agar nilai-nilai ajaran Islam secara kongkrit bisa diwujudkan dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tentu semangat tersebut akan mengalami banyak kendala tanpa peran dan bimbingan guru di kelas, oleh karena itu buku guru ini akan memberikan panduan kegiatan pembelajaran dan penilaian secara global agar peserta didik dapat memanfaatkan buku siswa dengan tepat melalui bimbingan guru PAI di sekolah.

Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan, oleh karena itu penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh  pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat yang akan datang.

Akhirnya, penulis berharap semoga buku PAI dan Budi Pekerti kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK dapat bermanfaat bagi peserta didik kelas 11, dan semoga menjadi wasilah untuk terwujudnya manusia muslim yang sempurna. Semoga Allah Swt., senantiasa memberikan taufik dan hidayah kepada kita sekalian. Amin.

 

Penulis

 

 

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

2,304 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *