Kelas 4 SD Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Guru 2017

5,379,707 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Kelas 4 SD Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Guru 2017

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Buku Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
  • Kelas: 4 SD
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Norita Yudith Tompah dan Novy Amelia Elisabeth Sine.
  • Penelaah : Pdt. Robert Borong, Pdt. Binsar J. Pakpahan, Hani Rohayani, dan Marvel Edkawatu.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Daftar Isi 

Kata Pengantar iii

Daftar Isi  iv

Bab 1

Pendahuluan 1

  1. Latar Belakang 2
  2. Tujuan 3
  3. Ruang Lingkup 3

Bab 2 Pengembangan Kurikulum 2013 4

  1. Prinsip Pengembangan Kurikulum 5
  2. Kompetensi Inti 7
  3. Kompetensi Dasar 8
  4. Ciri Khas Kurikulum 2013 9

Bab 3  Hakikat dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti 11

  1. Hakikat PAK dan Budi Pekerti 12
  2. Fungsi dan Tujuan PAK dan Budi Pekerti 12
  3. Landasan Teologis 13

Bab 4 Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti 15

  1. Pendidikan Agama sebagai Kurikulum Nasional 16
  2. Pelaksanaan Kurikulum PAK dan Budi Pekerti 16
  3. Pembelajaran PAK dan Budi Pekerti 18
  4. Pembelajaran PAK dan Budi Pekerti di Buku Siswa 19
  5. Pengantar 19
  6. Materi 19
  7. Penjelasan Bahan Alkitab 20
  8. Penilaian20
  9. Kegiatan Siswa 20
  10. Nyanyian (lagu) dan Permainan dalam Buku Siswa 21
  11. Penilaian PAK dan Budi Pekerti 21
  12. Daftar Cek22
  13. Skala Penilaian 23
  14. Penilaian Sikap 23
  15. Penilaian Tertulis28
  16. Penilaian Proyek 29
  17. Penilaian Produk 30
  18. Penilaian Portofolio 31
  19. Lingkup Kompetensi Kelas IV 33
  20. Judul Buku 34

Bab 5 Rumusan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) di SD Kelas IV 35

Bab 6 Penjelasan Setiap Pelajaran 38

Pelajaran 1 : Sungguh Allah Mahahadir 39

Pelajaran 2 : Allah Hadir Dalam Hidup Manusia 48

Pelajaran 3   : Allah Penolongku yang Setia 55

Pelajaran 4   : Amos Manusia Biasa yang Dipilih Tuhan 63

Pelajaran 5   : Allah Sumber Kekuatanku 68

Pelajaran 6   : Mengapa Bergantung kepada Allah? 75

Pelajaran 7   : Yesus Sanggup Menyembuhkan 82

Pelajaran 8   : Hidup Bersyukur 89

Pelajaran 9   : Tuhan, Selamatkanlah Kami! 96

Pelajaran 10 : Hidup Berserah 102

Lampiran 109

Daftar Pustaka 115

Profil Penulis 117

Profil Penelaah 118

Profil Editor 121

Profil Ilustrator 122

Kata Pengantar

Manuel London mengatakan, “learning is all about change, and change drives learning”. Pendapat London ini memperlihatkan kepada kita bahwa belajar menuntut adanya perubahan. Bukan hanya perubahan dalam hal pola pikir, tetapi juga perubahan perilaku. Belajar juga menuntut kita untuk dapat mengubah kehidupan ini menjadi lebih baik lagi.

Belajar seringkali menjadi semacam aktivitas yang melelahkan, membosankan, dan menakutkan. Padahal seharusnya belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Mengapa demikian? Melalui belajar, peserta didik dan pendidik akan berinteraksi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman sehingga pendidik dan peserta didik dapat saling memberdayakan demi kemajuan bangsa yang kita cintai ini.

Mazmur  119:73,  “Tangan-Mu  telah  menjadikan  aku  dan  membentuk  aku,  berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu”. Teks Alkitab ini mengingatkan kita bahwa sumber hikmat kita adalah Tuhan. Tuhanlah yang memberikan akal budi untuk kita pakai dan kembangkan sehingga kita dapat menjadi berkat melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan kita kepada sesama ciptaan Tuhan.

Pengembangan Kurikulum 2013 adalah upaya yang dilakukan melalui salah satu elemen pendidikan, yaitu kurikulum untuk memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia secara lebih luas. Jadi, pengembangan kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum agar tahapan pembelajaran memungkinkan peserta didik berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Di bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), perubahan ini sejalan dengan arah perubahan PAK yang bersifat dogmatis indoktrinatif menjadi PAK yang membebaskan peserta didik untuk mengembangkan kreativitas berpikir, kemerdekaan dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan isi ajaran iman kristiani. Kompetensi Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Kristen bersifat koheren dan linier pada keseluruhan Kompetensi Dasar dari Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1),  Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4) sehingga   membentuk peserta didik secara holistik sebagai manusia utuh yang tidak terpilah-pilah dalam tiap ranah (sikap, penegetahuan, dan keterampilan) terutama pada penghayatan nilai-nilai iman Kristen dan pembentukan karakter kristiani dalam memperteguh iman kepada Tuhan Allah, mempunyai kedamaian batin, memiliki budi pekerti luhur, menghormati serta menghargai semua manusia dengan segala persamaan dan perbedaannya.

Buku Pendidikan Agama Kristen di  SD adalah tentang mengenal Allah melalui dirinya, keluarga, teman serta lingkungan hidup, kemudian mewujudkan pengenalan akan Allah dalam iman dan perbuatan dalam segala aspek kehidupan sebagai ibadah yang sejati. Lingkup materi pada Tingkatan II  merupakan wahana pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengenal kehadiran Allah melalui ciptaan-Nya. Kehadiran Allah ini juga tampak melalui kepelbagaian budaya, agama, suku, dan bangsa. Kehadiran Allah ini patut disyukuri karena manusia, sebagai salah satu ciptaan Allah, penuh dengan keterbatasan.

Untuk itu, sebagai ucapan syukur   atas kehadiran Allah, maka peserta didik diajak untuk hidup saling mengasihi dan saling menghargai antarsesama manusia dan seluruh ciptaan lainnya. Ucapan syukur atas kehadiran dan kebaikan Allah ini terwujud melalui pembentukan karakter yang baik. Karakter mengasihi, toleran, menolong, tanggung jawab, jujur, dan disiplin merupakan fokus utama yang akan diajarkan kepada peserta didik melalui pelajaran-pelajaran di kelas 4 ini.

Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurnaan dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Jakarta, Januari 2016

Novy A. E. Sine & Norita Yudiet Tompah

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

 

4,224 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *