Siswa Kelas 2 SD Tematik 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Siswa 2017

9,003,514 kali dilihat, 5,373 kali dilihat hari ini

Kelas_02_SD_Tematik_8_Keselamatan_di_Rumah_dan_Perjalanan_Siswa_2017_001

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Kelas 2 SD Tematik 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Siswa 2017
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Faisal.
  • Penelaah : Ekram Pawiro Putro, Esti Swastika Sari, Fuji Astuti, Heni Setyawati, Setyo Purwanto, Sugiarto, Suwarta Zebua, dan Trie Hartiti Retnowati.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Daftar Isi 

Kata Pengantar iii

Tentang Buku Siswa  iv

Daftar Isi  v

Subtema 1

Kebersamaan di Rumah  4

Subtema 2

Kebersamaan di Sekolah 59

Subtema 3

Kebersamaan di Tempat Bermain113

Subtema 4

Kebersamaan di Tempat Wisata 165

Daftar Pustaka 217

Profil Penulis 218

Profil Penelaah219

Profil Editor 226

Profil Ilustrator 226

 

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia- Nya penulis dapat menyelesaikan buku ini dengan baik. Buku ini terdiri atas 4 subtema, yaitu Aturan Keselamatan di Rumah, Menjaga Keselamatan di Rumah, Aturan Keselamatan di Perjalanan, dan Menjaga Keselamatan di Perjalanan.

Buku  ini mengadopsi pendekatan tematik terpadu dalam setiap pembelajaran. Pendekatan tematik terpadu dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pertama, siswa kelas II SD/MI, sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema  mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang  diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannya. Kedua, melalui pendekatan tematik terpadu, pembelajaran multidisipliner- interdisipliner dapat diwujudkan sehingga tumpang tindih antarmateri pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisiensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Buku ini mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Selain itu, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian yang  diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran  yang dirancang berbasis pada aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif  dalam proses pembelajaran. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang  dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang  harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan kegiatan yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman  sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.  Pemanfaatan  buku   ini  mengarahkan  siswa mempraktikkan materi-materi kegiatan yang  tercantum di dalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku  yang  materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Perlu dijelaskanbahwabukuinibarumenjabarkanusahaminimalyangharusdilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang  diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain  yang  tersedia dan terbentang luas di  sekitarnya. Peran dan kreativitas guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku  ini  sangat penting. Guru  dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain  yang  sesuai dan relevan yang  bersumber dari  lingkungan sosial dan alam sekitar.

Penulisan  buku   ini  melalui proses  yang   cukup panjang.  Penulisannya  dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan baik.  Buku  ini  lahir  bukan murni sebagai hasil jerih  payah penulis sendiri melainkan adanya bantuan dari  pihak lain.  Berbagai pihak telah banyak memberikan dukungan dan bantuan, baik berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, arahan, maupun bantuan dalam bentuk lain.  Untuk itu,  penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang  tidak dapat penulis sebutkan satu per  satu.

Akhirnya, semoga  tulisan ini  dapat memberikan kontribusi dan manfaat  bagi kita semua, khususnya dalam turut serta membantu implementasi pembelajaran tematik terpadu di  kelas II SD/MI.  Buku   ini  masih sangat terbuka untuk perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik,  saran, dan masukan yang  membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan buku   ini.  Atas   kontribusi  yang   diberikan, penulis ucapkan terima  kasih. Mudah- mudahan kita  dapat memberikan sumbangsih yang  terbaik demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

 

Jakarta, Februari 2017

 

Penulis,

 

 

 

Faisal,  S.Pd., M.Pd.

 

 

 

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

7,596 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *