Kelas 7 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 2 Siswa 2017

7,939,005 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Kelas_07_SMP_Ilmu_Pengetahuan_Alam_IPA_S2_Siswa_2017_001

Free Download Buku Sekolah Digital
Cara Download Buku Pelajaran Sekolah
• Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
• Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165
Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah
• Judul : Kelas 7 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 2 Siswa 2017
• Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
• Penulis : Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati.
• Penelaah : Herawati Herawati Susilo, Maria Paristiowati, I Made Padri, Dadan Rosana, Ahmad Mudzakir, dan Ana Ratna Wulan. Penyelia.
• Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Daftar Isi
Kata Pengantar iii
Daftar Isi v
Bab 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup 1
A. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan 4
B. Jaringan-Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan 12
C. Organ-Organ pada Hewan dan Tumbuhan 14
D. Sistem Organ dan Organisme 18
Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan 28
A. Pengertian Lingkungan 29
B. Hal-hal yang Ditemukan dalam Suatu Lingkungan 31
C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola 33
D. Pola Interaksi Manusia Memengaruhi Ekosistem 41
Bab 3 Pencemaran Lingkungan 47
A. Definisi Pencemaran 49
B. Pencemaran Air 51
C. Pencemaran Udara 59
D. Pencemaran Tanah 62
Bab 4 Pemanasan Global 68
A. Efek Rumah Kaca 72
B. Pengertian Pemanasan Global 74
C. Penyebab Pemanasan Global 75
D. Dampak Pemanasan Global 76
E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global 78
Bab 5 Lapisan Bumi 83
A. Atmosfer 86
B. Litosfer98
C. Hidrosfer 131
Bab 6 Tata Surya 146
A. Sistem Tata Surya 150
B. Kondisi Bumi 155
C. Kondisi Bulan 159
D. Gerhana 162
Glosarium 169
Indeks 173
Daftar Pustaka 174
Profil Penulis 178
Profil Penelaah 181
Profil Editor 185

Kata Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/ MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah- pisah menjadi mata pelajaran. Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi- materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Buku IPA Kelas VII SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk membimbing dan memfasilitasi siswa untuk belajar IPA termasuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Bukuinimerupakanedisirevisi.Revisiterutamadilakukanuntukmenyesuaikan isi bukudenganKompetensiDasarkelasVII matapelajaranIPA SMP/MTssertadalam semangat penyempurnaan Kurikulum 2013. Tim penulis dibantu tim
telah berupaya sebaik-baiknya dalam menyusun buku ini. Namun demikian, buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Jakarta, Januari 2016

Penulis

 

 

Disklaimer
Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.
Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

4,150 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *