Kelas 9 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa

7,097,197 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Kelas 9 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Kelas 9 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Kontributor Naskah : Ahmad Muslih, Iwan Setiawan, dan Retno Kuning Dewi Pusparatri.
  • Penelaah : Epon Ningrum, Arie Sudjito, Ari Sapto.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Daftar Isi 

Daftar Tabel 

Daftar Gambar

Tema I POTENSI DAN UPAYA INDONESIA MENJADI

NEGARA MAJU 1

  1. Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya 4
  2. Potensi Sumber Daya Alam Indonesia 9
  3. Potensi Sumber Daya Manusia 18
  4. Potensi Budaya Indonesia dan

Pemanfaatannya 27

  1. Sarana dan Prasarana Transportasi

di Indonesia 32

  1. Karakteristik Negara Maju dan Upaya Indonesia

Menjadi Negara Maju di Dunia  37

  1. Contoh Negara Maju 43

Tema II  PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA

MENUJU NEGARA MAJU 75

  1. Perkembangan Kependudukan 77
  2. Perkembangan Politik 90
  3. Perkembangan Ekonomi 104
  4. Perkembangan Pendidikan 118
  5. Perkembangan Budaya 122

Tema III  KERJA SAMA ANTARNEGARA  129

  1. Kerja Sama Bidang Politik132
  2. Kerja Sama Bidang Ekonomi 144
  3. Perdagangan Internasional sebagai

Perwujudan Kerja Sama Ekonomi

antarnegara 166

  1. Kerja Sama Bidang Sosial Budaya 178
  2. Kontribusi Kerja Sama Antarnegara

terhadap Pembangunan 185

Tema IV MODERNISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

BUDAYA 203

  1. Modernisasi di Indonesia 206
  2. Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh

Modernisasi  219

  1. Pewarisan Budaya untuk Melestarikan Jati

Diri Bangsa 244

Daftar Pustaka 264

Glosarium 267

 

Kata Pengantar

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah menjadi matapelajaran.

Sebagai transisi menuju ke jenjang pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya. Bidang-bidang ilmu Geografi, Sejarah, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pembelajarannya ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang konsep konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas-aktivitas sosial di dalamnya.

Buku IPS Kelas IX SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran seperti di atas. Bidang ilmu Geografi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Melalui gambaran umum tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dikenalkan keberagaman potensi masing-masing daerah. Keberagaman potensi tersebut menciptakan dinamika pasokan-kebutuhan dalam dimensi ruang dan waktu yang memicu tentang pentingnya pembentukan ikatan konektivitas multidimensi tersebut, sehingga akan menghasilkan kesatuan kokoh dalam keberagaman yang ada.

Pembahasan dalam buku ini dibagi berdasarkan beragam modal pembangunan yang dimiliki oleh negara dan bangsa, yaitu modal sumber daya manusia, modal lokasi, modal sumber daya alam, dan modal sumber daya budaya (termasuk didalamnya kearifan lokal). Pemahaman terhadap modal-modal pembangunan ini akan memperkuat rasa percaya diri, kecintaan, dan kebanggaan siswa atas keunggulan NKRI, sehingga akan tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bersama.

Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran terpadu IPS yang secara utuh dapat dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam ketiga ranah tersebut. Tiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatanpada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan  edisi  berikutnya. Atas  kontribusi  tersebut,  kami  ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

 

Jakarta, Januari 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

 

 

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

2,639 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Social Media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *