Ebook Anak

Alexander Yang Agung, Panglima Terbesar Sepanjang Sejarah

 12,084,687 total views,  6,366 views today

Raja penakluk dunia

Alexander Agung adalah panglima perang yang berasal dari Makedonia. Dia lahir di Pella, ibukota Makedonia, pada 20 Juni 356 SM. Alexander dianggap sebagai panglima perang yang jenius. Dia berhasil menaklukkan banyak negeri di dunia. Alexander Agung wafat pada tahun 323 SM.

Sang Pangeran Makedonia
Alexander Agung terlahir sebagai pangeran Makedonia, sebuah kerajaan kuno di Timur Laut Yunani. Ayahnya, Phillip II, adalah raja Makedonia. Ibunya, Olympias, adalah putri dari Epirus. Kerajaan ini mulanya hanya kerajaan yang kecil. Di bawah pemerintahan Phillip II, Makedonia mulai menaklukkan wilayah-wilayah di sekitarnya.

Pemuda yang Cerdas
Alexander adalah pemuda yang cerdas. Ketika umurnya 13 tahun, ayahnya memanggil seorang guru pribadi untuk mengajar Alexander. Guru itu sangat istimewa. Dia adalah Aristoteles, filosof terkenal asal Yunani. Aristoteles mengajarkan banyak hal kepada Alexander. Selama tiga tahun, Alexander mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, kedokteran, serta filosofi.

Alexander Menjadi Memimpin
Sejak kecil, Alexander melihat ayahnya menaklukkan negeri-negeri di wilayah Balkan. Di bawah kepemimpinan ayahnya, wilayah kerajaan Makedonia meluas. Alexander pun diajarkan untuk menjadi pemimpin sejak muda. Saat usianya 16 tahun, pasukan Makedonia menyerang Byzantium. Selama penyerangan itu, Alexander diberi tanggung jawab untuk mempimpin Makedonia oleh ayahnya.

Alexander Sang Penakluk
Pada tahun 336 SM, Alexander menjadi raja Makedonia. Dia menggantikan ayahnya yang tewas dibunuh. Pada tahun 335 SM, Alexander membawa 42.000 pasukannya untuk menyerbu Persia. Setelah Persia berhasil ditaklukkan, Alexander pun menyerang dan menaklukkan Mesir.

Mendapat Gelar “Yang Agung”
Alexander mengalami sakit parah dan meninggal pada tanggal 10 Juni 323 SM di Babilonia. Usianya saat itu baru 33 tahun. Meski hanya memimpin selama 13 tahun, Alexander berhasil memperluas wilayah Makedonia hingga meliputi Eropa, Asia, dan Afrika. Dia mendirikan beberapa kota yang dinamai sesuai namanya. Karena kehebatannya memimpin, dia dijuluki Alexander yang Agung.**

 1,081 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *