Ebook Anak

Mengasah Keterampilan Bergerak Anak Usia 4-6 Tahun

 17,406,716 total views,  17,449 views today

06 Mengasah Keterampilan Bergerak Anak Usia 4-6 Tahun

Perkembangan Motorik Anak Usia 4 tahun

Pada usia ini, si kecil dapat terlibat dalam permainan aktif dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ia sekarang memiliki kontrol lebih terhadap benda dengan berbagai bentuk dan ukuran dan Ibu akan melihat bahwa ia kini mampu melempar, menangkap, menendang, dan memantulkan bola.

Peningkatan terhadap kontrol jarinya memungkinkannya untuk memegang alat tulis dengan pegangan tripod yang lebih baik (menggunakan tiga jari).

Kemajuannya dalam koordinasi mata dan tangan akan memampukan si kecil untuk menyelesaikan mainan puzzle yang lebih kompleks, memainkan benda atau mainan yang memiliki bagian kecil, serta berpakaian dan melepasnya tanpa bantuan kita.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 4 tahun:

  • Bimbing saat ia menuangkan air ke cangkirnya sendiri.
  • Bantu si kecil menggunakan gunting khusus anak yang aman untuk memotong gambar dari majalah dan menempelkannya di lembar terpisah.
  • Lempar bola kecil kepadanya dari dekat dan minta ia melemparkannya kembali pada kita.
  • Buat aktivitas dengan menempelkan pasta yang belum dimasak ke atas lembaran kertas untuk membuat benda yang sudah dikenal (misalnya: menggambar rumah dan menempelkan pasta di dalam garis).
  • Tempatkan pasir ke dalam wadah dan mintalah si kecil menggambar garis atau bentuk tertentu di pasir tersebut menggunakan jarinya.

Perkembangan Motorik Anak Usia 5 tahun

Pada usia ini, si kecil penuh energi dan memiliki minat pada permainan dan lingkungan yang aktif karena kini ia memiliki kemampuan motorik yang meningkat dalam menyeimbangkan dan mengoordinasikan gerakan yang memungkinkannya melakukan sebagian besar kegiatan bermain menggunakan bola.

Ia juga bisa menggunakan jari-jarinya untuk kegiatan lebih kompleks seperti mengendalikan alat tulis dan melukis, mengenakan dan melepas pakaian boneka, serta memperbaiki/melepaskan risleting, dan kancingnya.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 5 tahun:

  • Ajak si kecil untuk membantu menyiapkan meja makan untuk makan malam.
  • Minta si kecil mempersiapkan diri untuk mandi dengan melepaskan pakaiannya sendiri.
  • Tempatkan beberapa play dough dengan warna berbeda di atas meja dan mintalah si kecil untuk membuat wajah dengan semua detilnya (mata, hidung, mulut, dan telinga).
  • Biarkan ia membuat gambar yang mencakup bagian detail. Misalnya, lingkungan pantai dengan gambar matahari, air, pasir, dan orang-orang.
  • Tunjukkan padanya bagaimana memainkan alat musik yang berbeda yang membutuhkan gerakan lengan yang berbeda. Misalnya, drum dan piano.

Perkembangan Motorik Anak Usia 6 tahun

Si Kecil berusia enam tahun sangat senang aktif bergerak di berbagai kegiatan.

Meski keterampilan motorik halusnya masih berkembang, ia sangat antusias untuk mengeksplorasi dan mencoba aktivitas dan olahraga baru.

Pada usia ini, perkembangan keterampilan si Kecil akan bervariasi berdasarkan paparan terhadap berbagai aktivitas yang memberinya stimulasi.

Si Kecil yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti kelas tari, olahraga berkelompok, atau bahkan bermain di kebun mungkin menunjukkan tanda-tanda perkembangan keterampilan yang lebih cepat daripada mereka yang kurang aktif.

Kegiatan yang dapat membantu perkembangan keterampilan motorik halus si kecil yang berumur 6 tahun:

  • Minta si Kecil untuk menggambar berdasarkan lingkungan sekitarnya sedetail mungkin.
  • Ajak si Kecil berlatih menuliskan namanya sendiri.
  • Tunjukkan padanya bagaimana mengikat tali sepatu dan minta ia untuk meniru contoh dari Ibu.
  • Minta ia untuk menaruh bola di atas sendok kemudian memegang sendok tersebut sambil berjalan di garis atau pola, ia harus menjaga keseimbangan agar tidak menjatuhkan bola.
  • Berikan selembar kertas kosong dan pensil warna yang berbeda dan mintalah ia untuk menggambar keluarganya secara rinci.

https://www.nutriclub.co.id/article-balita/stimulasi/tumbuh-kembang-anak/tahap-perkembangan-motorik-halus-pada-anak

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kekalkan-hartamu-dengan-donasi-sedekah-jariyah-di-sini-2.jpg

Amal jariyah bukan hanya membangun masjid saja. Berdonasi untuk ikut membantu membangun dan mengembangkan website bacaan anak bergambar yang bermanfaat, juga termasuk amal jariyah. Donasi/infaq/sedekah terbaik di www.ebookanak.com Insya Allah termasuk amal sedekah jariyah yang pahalanya akan terus-menerus mengalir kepada sahabat donatur hingga sampai di alam barzah (alam kubur) karena donasi tersebut sepenuhnya digunakan untuk pembuatan ebook anak terbaru dan pengembangan situs www.ebookanak.com menjadi sebuah portal bacaan digital anak muslim free online Inspirasi Dunia yang bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam upaya mendukung Program Sosial Edukasi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.

Keutamaan Bersedekah Jariyah di ebookanak.com
Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-quran terputus setelah berhenti baca al-quran.

Sedangkan pahala sedekah jariyah di www.ebookanak.com tidak terputus sekalipun pemberi sedekahnya sudah meninggal dunia. Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai karena semua konten di www.ebookanak.com terus dapat diakses pembaca selama 24 jam/hari, 7 hari/minggu, secara terus-menerus tanpa terputus sejak April 2016 hingga detik ini, dan Insyaallah seterusnya dengan seizin Allah Azza wa Jalla.

Terimakasih atas donasi terbaik para sahabat literasi. Insya Allah menjadi amal sedekah jariyah yang terus-menerus mengalir pahalanya sampai di alam barzah (alam kubur). Amin ya robbal alamin.

Donasi sedekah jariyah Sahabat Literasi yang diberikan sungguh sangat berarti bagi jutaan anak di Indonesia dan global untuk bisa membaca buku anak digital berkualitas dan edukatif secara gratis! Mari bantu terus kami dengan 3D: Doa, Dedikasi, dan Donasi sedekah jariyah untuk ikut berkontribusi membangun dan mengembangkan website ebookanak.com menjadi sebuah media bacaan digital anak free online inspiratif yang bermanfaat bagi umat dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Spesifikasi Ebook
Judul: Mengasah Keterampilan Bergerak Anak Usia 4-6 Tahun
Penulis: Alzena Masykouri, M. Psi
Isi: 20 halaman
File: PDF 2.2 MB
Tahun: 2011
Info ebook: 0815 6148 165

Sumber dan Kontributor
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini
Nonformal dan Informal
Kementerian Pendidikan Nasional

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, owner jasa penerbitan buku CBM Studio, serta Kreator 500 buku anak yang sudah aktif berkarya sejak 1991 hingga sekarang. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Download Paket 400 Judul Ebook Anak Legal karya Kak Nurul Ihsan & tim www.ebookanak.com

Paket lengkap dan hemat 400 judul ebook anak karya Kak Nurul Ihsan dan tim dengan tema beragam: dengan donasi Rp 365 ribu dikirimkan via email: Seri 25 Kisah Nabi dan Rasul, Seri Asmaul Husna, Seri Doa Harian Bergambar, Seri Tata Cara Shalat, Seri Juz Amma Bergambar, Seri Sains dan Ilmu Pengetahuan, Seri Rukun Iman, Seri Rukun Islam, Seri Akidah, Seri Akhlak, Seri Kisah Para Sahabat, Seri Komik Pengetahuan, Seri Komik Islami, Seri Fikih Ibadah, Seri Hadits, Seri Dongeng Nusantara, Seri Dongeng Fabel, Seri Ensiklopedia, Seri Flora Dan Fauna, Seri Mewarnai, Seri Aktifitas Calistung, dll.

 34,729 total views,  4 views today