Ebook Anak

Kelas 10 SMK/MAK Dasar-Dasar Budidaya Perairan 1

 15,259,240 total views,  10,855 views today

Kelas_10_SMK_Dasar-Dasar_Budidaya_Perairan_1_001

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Kelas 10 SMK/MAK Dasar-Dasar Budidaya Perairan 1
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penyusun : –
  • Penyunting : –
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Kata Pengantar

Budidaya perairan atau budidaya perikanan (akuakultur) didefinisikan sebagai upaya-upaya manusia untuk meningkatkan produktivitas perairan melalui kegiatan budidaya. Kegiatan budidaya itu adalah kegiatan pemeliharaan untuk memperbanyak (reproduksi), menumbuhkan (growth) serta meningkatkan mutu biota akuatik sehingga diperoleh keuntungan.

Suatu perairan umum (laut, sungai, danau atau waduk) memiliki produktivitas (bobot biomassa biota persatuan volume air) alamiah tertentu dan dapat ditingkatkan puluhan hingga ribuan kali melalui kegiatan teknologi budidaya perairan (akuakultur). Ruang lingkup budidaya perairan (Akuakultur) dapat dibedakan berdasarkan kegiatan, spasial, zonasi darat dan laut dan posisi wadah budidaya perairan.

Fisiologi biota air membahas tentang kemampuan hewan untuk dapat hidup di suatu lingkungan dengan cara mengatur atau menghindari pemasukan air yang terlalu banyak ke dalam tubuh, menghindarkan diri dari keadaan yang membahayakan, seperti suhu yang sangat dingin atau sangat panas, salinitas yang tinggi atau rendah, hewan berpindah tempat untuk menemukan lingkungan yang sesuai agar dapat memperoleh makanan atau kawin, memperoleh informasi tentang keadaan lingkungannya dan lain-lain.

Proses-proses yang terjadi di dalam tubuh biota ini (proses fisiologis) perlu diketahui karena dalam pembudidayaan biota perairan semua faktor yang akan berpengaruh terhadap biota harus diarahkan kepada proses – proses yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat kesehatan, pertumbuhan dan efisiensi pakan.

 

 

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

 678 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *