Ebook Anak

Buku Siswa Kelas 2 SD: Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti, Kurikulum 2017

 18,019,186 total views,  13,451 views today

Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
  • Kelas: 2 SD
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Liana Wijaya dan Lany Guito.
  • Penelaah : Js. Maria Engeline Santoso, Uung Sendana, Setio Kuncono, Xs. Buanadjaja.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Daftar Isi

Kata Pengantar iii

Daftar Isi  iv

Fitur Buku  vii

Pengenalan Tokoh viii

Cheng Xin Zhi Zhi x

Doa  xi

Delapan Pengakuan Iman xiii

Pelajaran 1 Aku Berbakti  1

  1. Terima Kasih Ayah dan Ibu 1
  2. Kakek dan Nenekku 7

Pelajaran 2 Baktiku Pada Keluarga 13

  1. Keluargaku Harmonis 13
  2. Sembahyang kepada Leluhur 19

Pelajaran 3 Teladan Mengzi  25

  1. Ibunda Mengzi 25
  2. Mengzi Sang Penegak 30

Pelajaran 4  Teladan Para Tokoh  36

  1. Bakti Huang Xiang 36
  2. Kong Rong Suka Mengalah 40
  3. Sikap Dapat Dipercaya 46
  4. Mematuhi Nasihat Orang Tua dan Guru 50

Pelajaran 5 Aku Bersyukur  56

  1. Tian Maha Kuasa 56
  2. Aktivitasku 63

Pelajaran 6 Aku Beribadah  69

  1. Sikap Berdoa dan Menghormati 69
  2. Tata Cara Bersembahyang 79

Pelajaran 7  Aku Murid Nabi  86

  1. Nabi Kongzi Guruku 86
  2. Watak Sejatiku 93

Pelajaran 8  Aku Suka Belajar  97

  1. Bakatku Karunia Tian 97
  2. Yue Fei Sang Pahlawan 104
  3. Sima Guang Yang Cerdik 111
  4. Aku Bersahabat 119

Glosarium   126

Daftar Pustaka  133

Profil Penulis  135

Profil Penelaah  136

Profil Editor? 137

Kata Pengantar

Wei De Dong Tian,

Puji syukur ke hadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa dan bimbingan Nabi Kongzi atas tersusunnya Buku Siswa Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Agama Khonghucu Sekolah Dasar kelas II.

Kami haturkan terima kasih kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menulis Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti. Kiranya sumbangsih kami dapat berguna dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan kreativitas mengajar bagi pendidik dan mengundang ketertarikan peserta didik dalam mempelajari agama Khonghucu.

Dalam buku ini terdapat beberapa tokoh dan dikemas dalam bentuk tanya jawab yang bertujuan menggali keingintahuan peserta didik melalui proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan materi sesuai kemampuan peserta didik yang mengacu pada Kurikulum 2013.

Tokoh utama bernama Wu Zhenhui adalah anak berusia 8 tahun, peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Wu Zhenhui didampingi oleh beberapa teman dan guru serta keluarganya yang akan menemani peserta didik memasuki proses belajar yang menyenangkan. Harapan kami, peserta didik dapat meniru keteladanan Wu Zhenhui dalam berperilaku yang terlihat dari cara berbicara, bersikap, dan bertindak sebagai seorang Junzi atau susilawan yang merupakan sosok ideal dalam agama Khonghucu.

Buku ini memiliki beberapa fitur yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi secara bertahap.Fitur AKU INGIN TAHU! berisi pertanyaan dan dialog antara Zhenhui dan tokoh lain yang akan mengantar peserta didik memasuki materi inti. Fitur AKU BISA! berisi kegiatan yang bervariasi untuk memantapkan peserta didik memahami materi. Fitur ?? berisi cara menulis Hanzi yang berkaitan dengan materi. Fitur DOREMI berisi lagu rohani yang mengasah kemampuan seni peserta didik.

Fitur KINI KUTAHU? berisi rangkuman materi dalam bentuk bagan atau peta pikiran untuk membantu peserta didik mengingat intisari materi. Fitur IBADAH berisi jadwal dan makna ibadah yang akan berlangsung sesuai dengan penanggalan Kongzili.

Buku ini dilengkapi pula dengan Buku Panduan Guru supaya para pendidik dapat menyampaikan materi dengan tepat secara konsep dan sebagai acuan dalam penyusunan program belajar yang terintegrasi dengan kalender pendidikan nasional.

Kami sangat mengharapkan saran dari pembaca untuk lebih memperkaya kualitas materi buku ini sehingga dapat memperluas cakrawala pengetahuan peserta didik dan penyajian materi yang semakin menarik serta sesuai dengan kondisi kekinian.

Semoga Huang Tian senantiasa merahmati, shanzai.

Salam dalam Kebajikan,

Lany Guito & Liana WijayaI

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan ?dokumen hidup? yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta ? 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

Download Ebook Dengan Donasi Terbaik: WA 0815 6148 165

Amal jariyah bukan hanya membangun masjid saja. Berdonasi untuk ikut membantu membangun dan mengembangkan website bacaan anak bergambar yang bermanfaat, juga termasuk amal jariyah. Donasi/infaq/sedekah terbaik di www.ebookanak.com Insya Allah termasuk amal sedekah jariyah yang pahalanya akan terus-menerus mengalir kepada sahabat donatur hingga sampai di alam barzah (alam kubur) karena donasi tersebut sepenuhnya digunakan untuk pembuatan ebook anak terbaru dan pengembangan situs www.ebookanak.com menjadi sebuah portal bacaan digital anak muslim free online Inspirasi Dunia yang bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam upaya mendukung Program Sosial Edukasi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.

Keutamaan Bersedekah Jariyah di ebookanak.com
Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-qur?an terputus setelah berhenti baca al-qur?an. Tapi berbeda dengan pahala sedekah jariyah di www.ebookanak.com. Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai. Tidak terputus sekalipun pemberi sedekahnya sudah meninggal dunia.

Terimakasih atas donasi para sahabat literasi. Insya Allah menjadi amal sedekah jariyah yang tetap dan terus mengalir pahalanya sampai di alam barzah (alam kubur). Amin ya robbal alamin.

Sumber dan Kontributor
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
buku.kemdikbud.go.id

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower ? 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, dan Kreator 500 buku anak yang sudah berkarya sejak 1991 hingga sekarang bersama tim CBM Studio. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

 9,912 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *