Ebook Anak

Kelas 4 SD Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Siswa 2017

 14,894,643 total views,  8,818 views today

Kelas 4 SD Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Siswa 2017

Free Download Buku Sekolah Digital

Cara Download Buku Pelajaran Sekolah

  • Download via website: Klik tombol merah bertuliskan “Click Here to Download”
  • Download via email: Menghubungi Redaksi ebookanak.com via WA 0815 6148 165

Spesifikasi Buku Pelajaran Sekolah

  • Judul : Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
  • Kelas: 4 SD
  • Kurikulum: 2013 Edisi Revisi 2017
  • Penulis : Budi Wijaya dan Lany Guito.
  • Penelaah : Xs. Oesman Arif, Js. Maria Engeline Santoso, dan Ws. Mulyadi.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Daftar Isi 

Kata Pengantar iii

Daftar Isi v

Pengenalan Tokoh vii

Fitur Buku viii

Keyakinan Iman ix

Doa Sebelum Belajar x

Doa Setelah Belajar xi

Pelajaran 1 Pedoman Hidupku 2

  1. Hidup Harmonis 2
  2. Kitab Suciku 10

Pelajaran 2 Penuntun Sikapku 21

  1. Wu Chang 21
  2. Zhuxi Sang Guru Besar 31

Pelajaran 3 Nabi Kongzi Tianzhi Muduo 40

  1. Cita-cita Nabi Kongzi 40
  2. Semangat Belajar Nabi Kongzi 50
  3. Pengembaraan Nabi Kongzi 59
  4. Nabi Kongzi Genta Rohani Tian 69

Pelajaran 4 Hukum Alam Yang Abadi 79

  1. Kehidupan Alam 79
  2. Hubungan Tian, Alam Semesta dan Manusia 91

Pelajaran 5 Ibunda Agung  104

  1. Ibunda Mengzi 104
  2. Ibunda Yue Fei dan Ouyang Xiu 114

Pelajaran 6 Aku Seorang Junzi  127

  1. Junzi yang Berbakti dan Rendah Hati 127
  2. Junzi yang Satya dan Dapat Dipercaya 138
  3. Junzi yang Santun dan Menegakkan Kebenaraan 145
  4. Junzi yang Suci Hati dan Tahu Malu 153

Daftar Pustaka 162

Glosarium163

Profil Penulis 168

Profil Penelaah 170

Profil Penelaah 170

Profil Editor 172

Kata Pengantar

Wei De Dong Tian,

Puji syukur ke hadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa dan bimbingan Nabi Kongzi atas tersusunnya Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Agama Khonghucu Sekolah Dasar kelas IV.

Kami haturkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menulis Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti. Kiranya sumbangsih kami dapat berguna dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan kreativitas mengajar bagi pendidik dan mengundang ketertarikan peserta didik dalam mempelajari agama Khonghucu.

Dalam buku ini terdapat beberapa tokoh dan dikemas dalam bentuk tanya jawab. Tujuannya adalah untuk menggali keingintahuan peserta didik melalui proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi sesuai kemampuan peserta didik yang mengacu pada Kurikulum 2013.

Tokoh utama dalam buku ini bernama Wu Zhenhui, seorang anak berusia 10 tahun, kelas IV Sekolah Dasar. Wu Zhenhui didampingi oleh beberapa teman dan guru serta keluarganya yang akan menemani peserta didik memasuki proses belajar yang menyenangkan. Harapan kami, peserta didik dapat meniru keteladanan Wu Zhenhui dalam berperilaku yang terlihat dari cara berbicara, bersikap, dan bertindak sebagai seorang Junzi atau susilawan yang merupakan sosok ideal dalam agama Khonghucu.

Buku ini terdiri dari 6 pelajaran dengan 6 kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Setiap pelajaran terbagi menjadi 2 hingga 4 sub pelajaran. Setiap pelajaran memiliki beberapa fitur/aspek yang memudahkan peserta didik dalam memahami materi secara bertahap.

Fitur AKU INGIN TAHU! berisi pertanyaan dan dialog antara Zhenhui dan tokoh lain yang akan mengantar peserta didik memasuki materi inti. Fitur “AKU BISA!” berisi kegiatan yang bervariasi untuk memantapkan peserta didik memahami materi. Fitur HAN YU berisi cara menulis Hanzi yang berkaitan dengan materi. Fitur DOREMI berisi lagu rohani yang mengasah kemampuan seni peserta didik.

Fitur KINI KUTAHU… berisi rangkuman materi dalam bentuk bagan atau peta pikiran untuk membantu peserta didik mengingat intisari materi. Fitur IBADAH berisi jadwal dan makna ibadah yang akan berlangsung sesuai dengan penanggalan Kongzili atau Yangli.

Buku ini dilengkapi pula dengan Buku Panduan Guru. Tujuannya agar supaya para pendidik dapat menyampaikan materi dengan tepat secara konsep dan sebagai acuan dalam penyusunan program belajar yang terintegrasi dengan kalender pendidikan nasional.

Kami sangat mengharapkan saran dari pembaca untuk lebih memperkaya kualitas materi buku ini, sehingga dapat memperluas cakrawala pengetahuan peserta didik dan penyajian materi yang semakin menarik serta sesuai dengan kondisi kekinian.

Semoga Huang Tian senantiasa merahmati, shanzai. Salam dalam Kebajikan,

Budi Wijaya & Lany Guito

Disklaimer

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Hak Cipta © 2017 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

 

 14,858 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *