R.M. Surjopranoto, Sang Raja Mogok

 19,123,596 total views,  11,555 views today

3 R.M. Surjopranoto, Sang Raja Mogok
  • Sosok? pejuang yang berani membela rakyat pribumi? dalam melawan penjajah dalam menuntut haknya.
  • Sosok pejuang yang dikenal dengan sebutan de stakingskoning (raja mogok), pemimpin pemogokan buruh menentang kebijakan pemerintah kolonial.
  • Sosok pejuang yang rela berhenti dari pegawai negeri, demi memperjuangakan hak rakyat.
  • Sosok pejuang yang? mencurahkan? seluruh waktu dan? perhatiannya untuk membela rakyat kecil yang tertindas akibat penjajahan.
  • Raden Mas Surjopranoto pada 1915, membentuk organisasi buruh Adhi Dharma.
  • Pada? 1918, membentuk gerakan Prawiro Padjojo ing Joedo? atau Arbeidsleger? (tentara buruh), selain itu Raden Mas Surjopanoto juga mendirikan Personeel Fabriek Bond (PFB) yang beranggotakan kalangan buruh, kumpulan petani, dan koperasi.
  • Pada kongres SI 1919 di Surabaya,?ia berpandangan, bahwa perjuangan buruh tidak selalu harus dengan senjata, namun? dapat pula dijalankan dengan paksaan secara moral, melalui protes-protes, perundingan di muka umum, dan jika perlu dengan pemogokan.?
  • Raden Mas Surjopranoto mengusulkannya? pembentukan ?Persatuan Perhimpunan Kaum Buruh? (PPKB) yang beranggotakan perkumpulan-perkumpulan? buruh? yang? ada di bawah naungan SI.
  • Berasal dari DIY (Yogyakarta).
  • Lahir 11 Januari 1871 di Yogyakarta, Indonesia.
  • Meninggal 15 Oktober 1959 di Cimahi, Jawa Barat.
  • Meninggal di usia 88 tahun.
  • Dimakamkan di Gambiran, Umbul Harjo, Yogyakarta
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kekalkan-hartamu-dengan-donasi-sedekah-jariyah-di-sini-2.jpg

Kak Nurul Ihsan adalah Kreator 500 buku anak, Founder www.ebookanak.com, dan ketua Yayasan Sebaca Indonesia yang sudah berkarya di bidang penerbitan buku anak sejak 1991 hingga sekarang bersama tim kreatif CBM Studio Bandung. Selain sebagai penulis, komikus, ilustrator, desainer, dan pegiat literasi, saat ini Kak Nurul Ihsan juga menjadi inisiator Program Sosial Edukasi Cerdas Literasi dalam Gerakan Indonesia Berbudi: Berbagi Buku Anak Digital di www.ebookanak.com. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

Donasi sedekah jariyah Sahabat Literasi yang diberikan sungguh sangat berarti bagi jutaan anak di Indonesia dan global untuk bisa membaca buku anak digital berkualitas dan edukatif secara gratis!

Mari bantu terus kami dengan 3D: Doa, Dedikasi, dan Donasi sedekah jariyah untuk ikut merintis, membangun, dan mengembangkan ebookanak.com menjadi media bacaan digital anak free online terbesar dan terbaik di Asia yang bermanfaat bagi umat dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Terimakasih dan Salam Indonesia Cerdas Literasi. (Kak Nurul Ihsan Founder ebookanak.com & Penulis 500 Buku Anak)

Donasi Sedekah Jariyah KLIK DI SINI.

Sumber dan Kontributor
Kementerian Sosial RI
Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan,
Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial
Jl. Salemba Raya 28 Jakarta Pusat
Kode Pos 10430
Telp: (021) 3100436
email: direktoratk2krs.kemsos.go.id
https://direktoratk2krs.kemsos.go.id

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower ? 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

 1,962 total views,  2 views today