Ebook Anak

Kak Nurul Ihsan

Kak Nurul Ihsan Kreator Buku Anak

Penulis 500 Buku Anak

Kak Nurul Ihsan seorang kreator buku anak, yaitu konseptor, penulis, ilustrator, komikus, dan juga desainer buku anak yang insyaAllah terus tetap istiqomah dan produktif berkarya sejak 1999 hingga sekarang bersama tim kreatif di CBM Studio Bandung.

Kak Nurul Ihsan sudah menggeluti dunia ilustrasi dan penerbitan sejak anak-anak. Karya pertamanya sebuah cerita pendek pernah dimuat di sebuah majalah anak ketika ia masih berusia 12 tahun.

Kak Nurul Ihsan ketika berusia 6 tahun (Tasikmalaya, 1982)

Terlahir dari Keluarga Pesantren

Kak Nurul Ihsan dibesarkan dari keluarga besar dengan 10 bersaudara di lingkungan Pondok Pesantren Gentur Rancapaku, di dekat kaki Gunung Galunggung, Tasikmalaya yang masih kuat dengan tradisi ke-islamannya. Meski tidak merasakan langsung mondok di asrama pesantren tersebut, namun ia sempat menjadi “santri kalong” atau santri yang ikut mengaji di pesantren namun tidak tinggal di pondok.

Berbagai kitab kuning karya ulama-ulama Timur Tengah tempo dulu pernah ia pelajari, seperti Jurumiyah, Tijan, Safinah, Alfiyah, Sulam Taufiq, dan yang lainnya. Bakat menulis diwariskan dari ibunya, Almarhumah Ibu Hj. Uyoh Bahiyah (1941- 28 Februari 2021), seorang ustazah dan penceramah di lingkungan pesantren keluarga serta ayahnya, Bapak H. Koko Komarudin yang juga sekaligus guru sekolah semasa ia SMP.

Ayahanda H. Koko Komarudin bersama ibunda Hj. Uyoh Bahiyah di samping rumah sepulang mengantarkan hewn qurban ke tempat penyembelihan pada hari Raya Idul Adha (Tasikmalaya, 2020).

Si Kutu Buku Sejak Belum Bisa Baca

Sejak sebelum bisa membaca, Kak Nurul Ihsan sudah sangat suka membaca. Kegilaan membaca semakin menjadi-jadi saat ia sudah bisa membaca. Apa saja bacaan yang ditemukan saat itu pasti ia baca. Koran bekas bungkus gorengan tak pernah lupus dibacanya sampai tuntas. Bahkan saat kelas 3 SD ia sudah melahap habis buku setebal bantal “Di Bawah Bendera Revolusi” tentang kehidupan dan perjuangan Bung Karno, sang proklamator Indonesia.

Kak Nurul Ihsan bersama ibunda Hj. Uyoh Bahiyah dan kakak pertama, Kang Usep Hermawan (Tasikmalaya, 1982).

Terbiasa Jalan Kaki ke Sekolah Pulang Pergi

Dari sejak kelas 1 SD sampai kelas 3 SMA, Kak Nurul Ihsan selalu berjalan kaki pulang pergi ke sekolah. Bertahun-tahun ia jalani hal seperti itu tanpa pernah merasakan capek, jenuh, atau bahkan menjadi beban. Ia tetap bersemangat untuk mencari ilmu setiap hari, dari senin sampai sabtu dengan menyusuri perkampungan, jalan-jalan sempit, pematang sawah, baik di kala hujan maupun panas menuju sekolah idamannya. Padahal saat itu teman-temannya sudah banyak yang naik sepeda, motor, bahkan mobil ketika pergi ke sekolah.

Terbiasa Belajar Sampai Larut Malam

Tidak seperti kebanyakan teman-teman sekampungnya, sejak kelas 3 SMP, Kak Nurul Ihsan mulai terbiasa belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah sampai larut dengan ditemani radio kecilnya sampai acara radio itu berakhir tepat pukul 24.00 malam. Pada saat itu, sudah tertanam kuat pada dirinya untuk menjadi orang sukses meski di tengah keterbatasan buku-buku dan peralatan sekolah yang dimilikinya.

Selalu Rangking 1 dari Kelas 1 SD sampai kelas 3 SMA

Karena memiliki kegemaran membaca dan rajin belajar sejak kecil, Kak Nurul Ihsan selalu menjadi juara pertama kelas selama di sekolah, dari sejak kelas 1 SD sampai kelas 3 SMA. Bahkan ketika di SMP dan SMA ia mendapatkan nilai ujian akhir tertinggi di sekolahnya.

Kak Nurul Ihsan, jongkok kedua dari kiri, bersama teman-temannya saat masih menjadi pelajar di kelas 3 SMA Islam Cipasung, Tasikmalaya, 1995.

Harapan Terpupus Menjelang Kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta

Salah satu impian terbesar Kak Nurul Ihsan ketika mengenyam pendidikan di SMA Islam Cipasung adalah bermimpi untuk dapat berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, salah satunya Universitas Gajah Mada (UGM).

Ketika lulus dari SMA Islam Cipasung (1995), Kak Nurul Ihsan terpilih dari sekitar 500-an pelajar SMA Kelas 3 yang mendapat kesempatan untuk masuk Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Jurusan Psikologi, melalui seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Namun sangat disayangkan mimpinya tersebut harus terkubur dalam-dalam saat menjelang pendaftaran karena kondisi keuangan keluarga saat itu masih belum memungkinkan Kak Nurul Ihsan untuk berkuliah jauh dari Tasikmalaya.

Sang Ilustrator Buku Anak Karakter Desa Pelangi

Kak Nurul Ihsan pernah bekerja sekitar 4 tahun di Penerbit Islam Asy Syaamil di Bandung. Selama di sana ia berhasil menciptakan tokoh karakter keluarga di Desa Pelangi. Alhamdulillah karakter tersebut berhasil mencuri perhatian anak-akan Islam pada saat itu. Namun sayangnya, karakter tersebut tidak bisa berlanjut, setelah ia resign dari Asy Syaamil untuk mengembangkan studio jasa penerbitan buku CBM Agency yang sudah dirintisnya sejak beberapa tahun sebelumnya.

Kak Nurul Ihsan ketika menghadiri sebuah pameran buku di Bandung (2004).

Cikal Bakal ebookanak.com

Kemudian sejak 2005 hingga sekarang, ia mengelola Creative Business Media atau CBM Studio, sebuah agen penyedia jasa copyright dan konten visual media penerbitan anak terlengkap di Indonesia.

Dari semua karya yang dihasilkannya, Kak Nurul Ihsan ikut terlibat sebagai konseptor, penulis, penyunting, komikus, karikaturis, kartunis, ilustrator, layouter, dan desainer.

Kak Nurul Ihsan sedang menulis buku anak bersama sang istri, Rahayu Ummi Farida di studio CBM Agency Bandung (2006).

Saat ini Kak Nurul Ihsan aktif menjadi pendiri dan ketua Yayasan Sebaca Indonesia Foundation, sebuah yayasan sosial non profit yang menjadi inisiator Program Sosial Literasi Gerakan Indonesia Berbudi: Berbagi Sejuta Buku Anak Digital Free Online di Pustaka Buku Anak Digital Network di www.ebookanak.com. Sebuah gerakan sosial literasi di bawah Yayasan Sebaca Indonesia Foundation untuk mewujudkan visi Indonesia Cerdas Literasi 2045.

Biodata

  • Nama:  Nurul Ihsan
  • Founder & Kreator: Creative Business Media Studio
  • Founder/Ketua: Yayasan Sebaca Indonesia Foundation
  • Founder & Kreator: www.ebookanak.com
  • Inisiator: Gerakan Indonesia Berbagi Buku Anak Digital Free Online
  • Tempat/tgl lahir:  Tasikmalaya, 25 Juni 1976
  • Mobile:  0815 6148 165
  • email: katabaca1@gmail.com/ cbmagency25@gmail.com
  • Pekerjaan:  Penulis/editor/ilustrator/desainer/pustakawan digital
  • Kantor: Yayasan Sebaca Indonesia Foundation        
  • Alamat:  Jl. Raden Mochtar III, No. 126, RT 003/02 Kompleks Pos Giro, Sindanglaya, Bandung 40195

Kreator 500 Judul Buku Anak dan Pendidikan

Berkarya sejak 1991 hingga saat ini, sudah lebih dari 500 buku anak dan buku pendidikan yang dihasilkan Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio. Daftar buku karya Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

Riwayat Pendidikan:

  • Madrasah Ibtidaiyah, Tasikmalaya (1984-1989)
  • SMP Islam Muallimin, Tasikmalaya (1989-1992)
  • SMA Islam Cipasung, Tasikmalaya (1992-1995)
  • Pendidikan Ilmu Komputer dan Desain Publishing
  • Universitas Terbuka (UT), Jurusan Bahasa Inggris

Riwayat Pekerjaan:

  • Penulis Freelance (1989-sekarang)
  • Ilustrator freelance (1989-sekarang)
  • Ilustrator di Penerbit Syaamil Cipta Media (2001-2004)
  • Pendiri dan pemilik Studio Creative Business Media/CBM Agency Studio (2004- sekarang)
  • Pendiri dan pemilik situs Gerakan Berbagi Bacaan Anak Digital yang dapat dibaca dan didownload secara gratis dan donasi:  www.ebookanak.com (2016-sekarang)
  • Pendiri dan ketua Yayasan Sebaca Indonesia Foundation (2017 – sekarang)

Informasi lainnya:

  • Sudah berkarya di dunia penerbitan sejak 1991 – hingga sekarang, atau lebih dari dari 27 tahun.
  • Sudah menerbitkan lebih dari 500 judul buku anak, komik, dan buku umum lainnya bersama tim studio cbmagency.com
  • Sudah menghasilkan lebih dari 12.000 ilustrasi anak dan umum bersama tim studio cbmagency.com
  • Meraih lebih dari 2 kali Penghargaan Adikarya Ikapi.
  • Meraih lebih dari 5 kali penghargaan lomba kepenulisan dan ilustrasi nasional.

Kontak
Yayasan Sebaca Indonesia Foundation
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, RT 003 RW 02,
Kompleks Pos Giro, Sindanglaya, Bandung, Jawa Barat, 40195
Telp: (022) 87824898
Mobile: 08156148165 / 0817223029
Email: cbmagency25@gmail.com

Sebagian buku anak karya Kak Nurul Ihsan

12 buku fiqih islam paket 1
12 Buku Fiqih Islam Paket 1 karya kak Nurul Ihsan
12 Buku Fiqih Islam Paket 2 karya kak Nurul Ihsan
15 buku Seri Sains Anak karya Kak Nurul Ihsan
15 buku Seri Belajar Islam Sejak Usia Dini karya Kak Nurul Ihsan
18 Buku Komik Seri Nilai-Nilai Karakter Bangsa karya Kak Nurul Ihsan
12 Buku Seri Komik Adab Anak Muslim karya Kak Nurul Ihsan

 4,613 total views,  4 views today