Ebook Anak

Pidato Abu Bakar Di Awal Jadi Khalifah

 12,106,860 total views,  1,571 views today

Wahai Saudara-saudaraku, aku mendapat tugas sebagai khalifah, meskipun aku bukanlah orang yang terbaik di antara kalian.

Beberapa hari setelah dipilih menjadi khalifah, Abu Bakar berpidato di hadapan kaum muslimin di Madinah:

“Wahai Saudara-saudaraku, aku mendapat tugas sebagai khalifah, meskipun aku bukanlah orang yang terbaik di antara kalian. Tetapi, aku akan memelihara amanah yang kalian serahkan kepadaku. Bantulah aku jika berada di jalan yang benar. Perbaiki aku bila berada di jalan yang salah.”

“Benar adalah amanah. Dusta adalah khianat. Jika ada orang yang lemah di antara kalian, aku pandang dengan rasa hormat. Aku siap membela dan memenuhi hak-hak kalian berupa zakat dan sedekah. Adapun orang-orang kaya kuharuskan membantu fakir miskin di luar zakat yang diwajibkan.

“Janganlah Saudara-saudaraku ingkar di jalan Allah. Siapa saja yang ingkar akan mendapat hukuman yang setimpal. Siapa pun yang melakukan dosa, maka dirinyalah yang akan menanggungnya.”

“Patuhilah aku sebagaimana aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya. Apabila aku tidak mematuhi Allah dan Rasul-Nya, janganlah Saudara-saudara patuh kepadaku!”

(www.ebookanak.com)

Kontributor:

  • Naskah: K. Usman
  • Penyunting: Penerbit Luxima dan Nurul Ihsan
  • Ilustrasi: Uci Ahmad Sanusi
  • Desain layout: Yuyus Rusamsi & Nurul Ihsan
  • Penerbit: Luxima (Jakarta, Indonesia) dan Edukid Distributors Sdn. Bhd. (Malaysia)

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *