Wada, Haji Perpisahan Nabi Muhammad SAW Sebelum Wafat

Loading

ilustrasi seri belajar islam sejak usia dini nabi muhammad idolaku, Apa yang Dimaksud dengan Haji Wada

Download full ebook anak karya Kak Nurul Ihsan

Pada tahun 10 Hijriah, Nabi bersama seratus ribu kaum Muslimin melakukan ibadah haji terakhir bagi beliau. Yang dikenal sebagai Haji Wada. Pada tahun sesudah Haji Wada, Nabi wafat.

Saat Nabi sedang berada di Padang Arafah, Allah menurunkan wahyu terakhir-Nya. Setelah Haji Wada, Nabi sering sakit kepala dan demam. Pada saat Nabi sakit, Nabi memaksakan dirinya shalat ke masjid. Ketika Nabi sakit berat, Nabi meminta Abu Bakar menggantikannya menjadi imam shalat.

Para sahabat merasa cemas dengan keadaan Nabi. Abu Bakar sering menangis karena khawatir pada kesehatan Nabi. Ketika Nabi meminta Abu Bakar menjadi imam shalat, Aisyah istri Nabi berkata kepada Nabi. “Ya Rasul, apakah tidak lebih baik yang menjadi imam shalat itu Umar, sebab ayahku Abu Bakar sering menangis. Aku khawatir suaranya tidak dapat keluar karena menangis.”

Baca juga:  Ebook PDF 10 Menit Pintar Membaca, Menulis, dan Menghitung, Menghitung Jumlah Gambar (11)

ilustrasi cinta nabi pahlawanku, Bagaimana Kesedihan Kaum Muslim Sepeninggal Nabi Muhammad
Kesedihan kaum Muslim sepeninggal Nabi Muhammad SAW (Gambar: ebookanak.com)

Namun, Nabi tetap menyuruh Abu Bakar menjadi imam shalat. Ketika sakit Nabi sudah parah, Nabi tidak dapat berjalan ke mana-mana. Nabi tidak dapat menemui istri-istrinya. Oleh karena itu, istri-istrinyalah yang menjaga Nabi.

Pagi itu, Nabi membuka jendela rumahnya. Wajahnya tampak berseri-seri. Umat Islam yang melihat Nabi langsung menyangka Nabi sudah sembuh. Mereka pun melakukan kegiatan seperti biasa.

Nabi berbaring di pangkuan Aisyah. Sebelumnya, Nabi memanggil Fatimah, putrinya. Nabi membisikkan sesuatu kepada Fatimah. Setelah mendengar bisikan Nabi, Fatimah menangis. Lalu, Nabi berbisik kembali. Sekarang, Fatimah tersenyum-senyum.

Download full ebook 100 Kisah Teladan dalam Alquran

100 kisah teladan dalam al quran untuk anak (cover)
Download full ebook “100 Kisah Teladan dalam Alquran untuk Anak” karya Kak Nurul Ihsan dan tim ebookanak.com

Spesifikasi Ebook

  • Judul: 100 Kisah Teladan dalam Alquran untuk Anak
  • Naskah: Kak Nurul Ihsan dan tim
  • Ilustrasi: Dini Tresnadewi dan Aep Saepudin
  • Isi: 233 hal pdf
  • Download dengan donasi
  • Info: WA 0815 6148 165
Baca juga:  Ebook Legal dan Printable Menulis Huruf Tegak Bersambung Kisah Nabi Muhammad 4 (17)

“Apa yang Nabi bisikkan kepadamu?” tanya Aisyah. “Ayah berbisik kepadaku bahwa umurnya tidak lama lagi maka saya merasa sedih. Lalu, ayah berbisik lagi bahwa yang pertama kali akan dijumpai ayah di surga adalah aku. Makanya, aku bahagia sekali.”

Setelah Nabi menyampaikan wasiatnya, Nabi pun menghembuskan napasnya. Aisyah segera mengumpulkan para sahabat untuk memberitahukan Nabi wafat.

Orang-orang yang mendengar Nabi wafat berkata bahwa mereka tidak perlu lagi shalat atau berzakat karena Nabi sudah meninggal. Mendengar hal itu, Umar marah.

“Siapa yang mengatakan Muhammad mati akan saya pukul. Walaupun Nabi sudah wafat, ajarannya akan tetap ada.”

Kemudian, Abu Bakar masuk ke kamar Aisyah untuk melihat jenazah Nabi. Setelah itu, Abu Bakar keluar menemui orang-orang.

Baca juga:  Ajakan Apa yang Selalu Nabi Muhammad SAW Lakukan kepada Para Sahabatnya?

Setelah Rasulullah Wafat Banyak Orang Muslim Menjadi Murtad
Setelah Rasulullah wafat banyak orang Muslim menjadi murtad. (Gambar: ebookanak.com)

“Sesungguhnya, Muhammad telah mati, barang siapa yang menyembah Muhammad maka Muhammad telah mati dan barang siapa yang menyembah Allah, maka Allah tidak akan pernah mati.”

Setelah Nabi wafat, terjadi perselisihan tentang siapakah yang berhak menjadi khalifah. Apakah orang Muhajirin atau orang Anshar?

Ada yang berpendapat yang menjadi khalifah harus orang Muhajirin karena Nabi orang Muhajirin. Namun, ada juga yang berpendapat hendaknya yang menjadi khalifah adalah orang Anshar karena orang Anshar merupakan penduduk asli Madinah.

Perselisihan itu dapat diredakan oleh Umar. Dia pun mengusulkan Abu Bakar untuk menjadi khalifah. Abu Bakar termasuk orang yang pertama masuk Islam. Umur Abu Bakar pun yang paling tua di antara mereka. Usul Umar tersebut diterima orang banyak. Sejak itu, Abu Bakar memimpin umat Islam. ***

error: Content is protected !!
download ebook anak pdf paket ramadhan