Ebook Anak

Empat Pertanyaan Rabi’ah Adawiyah kepada Hasan Al-Bashri

 17,388,086 total views,  15,942 views today

Banyak ulama saat itu yang begitu menghargai keistimewaannya, bahkan Khairah Ibn Hasan Al-Bashri dianggap lebih pandai dari putranya dalam ilmu dan ibadah.

Pertemuan Hasan Al-Bashri dengan sufi perempuan Rabi’ah Adawiyah merupakan kisah menarik yang sarat hikmah dan pelajaran.

Kisah yang terjadi pada masa tabiin (generasi setelah sahabat) ini juga mengungkap karomah yang dimiliki Rabi’ah Adawiyah.

Ketika suami Rabi’ah Adawiyah wafat, beberapa waktu kemudian Hasan Al-Bashri, ulama besar Iraq yang hidup di awal kekhalifahan Umayyah (generasi tabiin) dan sahabatnya datang menghadap Rabi’ah.

Mereka meminta izin diperkenankan masuk.

Rabi’ah pun mengenakan cadarnya dan mengambil tempat duduk di balik tabir.

Hasan Al-Bashri mewakili kawan-kawannya mengutarakan maksud kedatangannya.

Ia berkata, ”Suamimu telah tiada, sekarang kau sendirian. Kalau kamu menghendaki silakan memilih salah seorang dari kami. Mereka ini orang-orang yang ahli zuhud.”

Kemudian Rabi’ah Adawiyah menjawab: ”Ya, aku suka saja mendapat kemuliaan ini. Namun aku hendak menguji kalian, siapa yang paling ‘alim (pandai) di antara kalian itulah yang menjadi suamiku.”

Hasan Al-Bashri dan kawan-kawannya menyanggupi.

Kemudian Rabi’ah Adawiyah bertanya, ”Jawablah empat pertanyaanku ini kalau bisa aku siap diperistri oleh kamu.”

Hasan Al-Bashri berkata, ”Silakan bertanya, kalau Allah memberi pertolongan aku mampu menjawab tentu aku jawab.”

“Bagaimana pendapatmu kalau aku mati kelak, kematianku dalam muslim (husnul khatimah) atau dalam keadaan kafir (suul khatimah),” tanya Rabi’ah.

Hasan Al-Bashri menjawab, ”Yang kau tanyakan itu hal yang ghaib, mana aku tahu.”

“Bagaimana pendapatmu, kalau nanti aku sudah dimasukkan ke dalam kubur dan Munkar-Nakir bertanya kepadaku, apakah aku sanggup menjawab atau tidak?” tanya Rabi’ah.

“Itu persoalan ghaib lagi,” jawab Hasan Al-Bashri.

“Kalau seluruh manusia digiring di mauqif (padang mahsyar) pada hari kiamat kelak, dan buku-buku catatan amal yang dilakukan oleh Malaikat Hafazhah beterbangan dari tempat penyimpanannya di bawah ‘arsy. Kemudian buku-buku catatan itu diberikan kepada pemiliknya. Sebagian ada yang melalui tangan kanan saat menerima dan sebagian lagi ada yang lewat tangan kiri dalam menerimanya. Apakah aku termasuk orang yang menerimanya dengan tangan kanan atau tangan kiri?” tanya Rabi’ah.

“Lagi lagi yang kau tanyakan hal yang ghaib,” jawab Hasan Al-Bashri.

Rabi’ah bertanya lagi, ”Manakala pada hari kiamat terdengar pengumuman bahwa sebagian manusia masuk surga dan sebagian yang lain masuk neraka, apakah aku termasuk ahli surga atau ahli neraka?”

“Pertanyaanmu yang ini juga termasuk persoalan yang ghaib,” jawab Hasan Al-Bashri.

Kemudian Rabi’ah berkata, ”Bagaimana orang yang mempunyai perhatian kuat terhadap empat persoalan itu masih sempat mamikirkan nikah?”

Coba perhatikan kisah dialog tersebut, betapa besar perasaan takut Rabi’ah Adawiyah terhadap persoalan itu. Kendati ia seorang solehah, namun masih diikuti perasaan takut yang luar biasa jika akhir hayatnya tidak baik.

Editor: Kak Nurul Ihsan
Ilustrasi: ebookanak.com
Naskah: Rusman H. Siregar/kalam.sindonews.com

Amal jariyah bukan hanya membangun masjid saja. Berdonasi untuk ikut membantu membangun dan mengembangkan website bacaan anak bergambar yang bermanfaat, juga termasuk amal jariyah. Donasi/infaq/sedekah terbaik di www.ebookanak.com Insya Allah termasuk amal sedekah jariyah yang pahalanya akan terus-menerus mengalir kepada sahabat donatur hingga sampai di alam barzah (alam kubur) karena donasi tersebut sepenuhnya digunakan untuk pembuatan ebook anak terbaru dan pengembangan situs www.ebookanak.com menjadi sebuah portal bacaan digital anak muslim free online Inspirasi Dunia yang bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam upaya mendukung Program Sosial Edukasi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.

Keutamaan Bersedekah Jariyah di ebookanak.com
Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-quran terputus setelah berhenti baca al-quran. Sedangkan pahala sedekah jariyah di www.ebookanak.com tidak terputus sekalipun pemberi sedekahnya sudah meninggal dunia.

Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai karena semua konten di www.ebookanak.com terus dapat diakses pembaca selama 24 jam/hari, 7 hari/minggu, secara terus-menerus tanpa terputus sejak April 2016 hingga detik ini, dan Insyaallah seterusnya dengan seizin Allah Azza wa Jalla.

Terimakasih atas donasi para sahabat literasi. Insya Allah menjadi amal sedekah jariyah yang tetap dan terus mengalir pahalanya sampai di alam barzah (alam kubur). Amin ya robbal alamin.

Sumber dan Kontributor
kalam.sindonews.com

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower 6th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

mari bantu KAK NURUL IHSAN terus berkarya di ebookanak.com dengan #DONASI #INFAQ #SEDEKAH #ZAKAT klik di sini!

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, dan Kreator 500 buku anak yang sudah berkarya sejak 1991 hingga sekarang bersama tim CBM Studio. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Download 10 Ribu Halaman Ebook Anak Legal dan Printable dengan Donasi karya Kak Nurul Ihsan dan tim ebookanak.com

Paket lengkap dan hemat 400 judul ebook anak karya Kak Nurul Ihsan dan tim dengan tema beragam: dengan donasi Rp 365 ribu dikirimkan via email: Seri 25 Kisah Nabi dan Rasul, Seri Asmaul Husna, Seri Doa Harian Bergambar, Seri Tata Cara Shalat, Seri Juz Amma Bergambar, Seri Sains dan Ilmu Pengetahuan, Seri Rukun Iman, Seri Rukun Islam, Seri Akidah, Seri Akhlak, Seri Kisah Para Sahabat, Seri Komik Pengetahuan, Seri Komik Islami, Seri Fikih Ibadah, Seri Hadits, Seri Dongeng Nusantara, Seri Dongeng Fabel, Seri Ensiklopedia, Seri Flora Dan Fauna, Seri Mewarnai, Seri Aktifitas Calistung, dll.

 57,094 total views,  6 views today