Mukjizat Nabi Isa dalam Alquran: Pintar Bicara Meski Masih Bayi

Loading

Siti Maryam dan Bayi yang Bisa Bicara

Kisah nabi Isa kecil berbicara ini disebutkan Al-Qur’an dalam surat Maryam [19] ayat 30-33:

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ ٣٠ وَّجَعَلَنِيْ مُبٰرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُۖ وَاَوْصٰنِيْ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ ٣١ وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَتِيْ وَلَمْ يَجْعَلْنِيْ جَبَّارًا شَقِيًّا ٣٢ وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا ٣٣

Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”

Di antara mukjizat nabi Isa adalah bisa berbicara saat bayi.

Baca juga:  Inilah Kuda Terkecil di Dunia, Hanya 48 centimeter Tingginya

Saat itu Nabi Isa menegaskan kepada bani Israil bahwa ibunya, Maryam, adalah perempuan suci yang tidak pernah disentuh laki-laki.

Menurut Ibnu Katsir dalam Qashash al-Anbiya, setelah berbicara mengenai hal tersebut, nabi Isa tidak pernah berbicara lagi hingga sampai pada usia anak berbicara pada umumnya.

error: Content is protected !!