Seri Komik Akhlak: Kenapa Ibu Melarang (1)

Loading

Dalam Islam, hormat pada orang tua bukan hanya tentang tindakan dan perilaku lahiriah, tetapi juga mencakup perasaan dalam hati yang tulus dan ikhlas.

Hormat pada orang tua meliputi mendengarkan mereka, memenuhi kebutuhan mereka, memberikan bantuan, memberikan kasih sayang, dan menjauhi hal-hal yang menyakitkan hati mereka.

Meminta izin jika pergi keluar rumah merupakan suatu bentuk kepatuhan pada ayah bunda.
Alif dan Alifa selalu patuh pada ayah bunda dengan bersalaman dan pamitan sebelum berangkat sekolah. (Gambar: ebookanak.com/Kak Nurul Ihsan)

Hormat pada orang tua adalah bagian integral dari agama Islam dan menjadi tanggung jawab kita sebagai anak-anak.

Dengan melaksanakan keutamaan ini, kita dapat memperoleh berkah dan mendapatkan kebaikan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي قَالَ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أَبُوكَ

Baca juga:  Raja Alas yang Dicintai Rakyatnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata; “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Kemudian ayahmu.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah baca-download-print-2500-ebook.jpg