Juz Amma for Kids: Surat ke-108 Al-Kautsar

Loading

Juz Amma for Kids (22) Surat ke-108 Al-Kautsar

Download full ebook 190 hal PDF Juz Amma for Kids (Arab-Latin-Indonesia-Inggris) karya Kak Nurul Ihsan (ebookanak.com) dengan donasi Rp 50 ribu. Caranya, klik tombol DOWNLOAD di bawah ini:

Juz Amma for Kids (23) Surat ke-108 Al-Kautsar
Juz Amma for Kids; penjelasan Surat ke-108 Al-Kautsar karya Kak Nurul Ihsan (ebookanak.com)

Juz Amma for Kids (24) Surat ke-108 Al-Kautsar
Juz Amma for Kids; Surat ke-108 Al-Kautsar; Lupa Shalat Subuh Berjamaah karya Kak Nurul Ihsan (ebookanak.com)

Juz Amma for Kids

  • Kamus visual dalam tiga bahasa, Indonesia, Inggris, dan Arab disertai ilustrasi menarik.
  • Setiap surat dilengkapi teks latin dan tulisan khat.
  • Terjemahan dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris.
  • Dilengkapi doa harian anak muslim.
  • Penjelasan surat untuk memahami sebab-sebab turunnya suatu ayat (asbabun nuzul).
  • Jendela Sains dan Agama untuk menambah pengetahuan.
  • Cara cerdas membaca & menghafal Al-Quran disertai Ilmu Tajwid.

Spesifikasi Ebook

  • Kode Ebook PDF: 081
  • File PDF: Download
  • Donasi: 50 ribu
  • Seri: Kisah dan Pengetahuan Islam
  • Judul: Juz Amma for Kids; Arab-Latin-Indonesia-Inggris
  • Penulis: Kak Nurul Ihsan
  • Ilustrator: Uci Ahmad Sanusi dan tim
  • Ukuran: 19,5 x 20,5 cm
  • Isi: full warna
  • Tebal: vi + 190 hlm
  • Penerbit: Ruang Kata
  • ISBN: 602-8389-77-3

Pengertian Juz Amma

Juz terakhir dalam Al-Qur’an ditandai dengan kata pertama ‘Amma pada surat An-Naba. Hal inilah yang kemudian diperkirakan menjadi asal mula, mengapa Juz 30 disebut sebagai Juz ‘Amma. Tidak ada sesuatu yang khusus dari pemberian nama ‘Amma karena hanya merujuk pada kata yang mengawali surat pada bagian awal Juz 30.

Baca juga:  Belu Boneka Beruang: Lucu Tapi Tubuhnya Bau (2)

Juz Amma merupakan bagian penting yang tak dapat terpisahkan dari Al-Qur’an. Kandungan sebagian surat-surat yang ada dalam Juz 30 ini mengabarkan tentang peristiwa hari kiamat, kabar baik untuk kaum muslimin dan ancaman untuk orang-orang kafir. Dalam Juz 30 tersebut memuat 3 surat yang memiliki kedudukan istimewa. Yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Ketiga surat tersebut mempunyai banyak keutamaan sebagaimana yang telah disebutkan.

Keutamaan tersebut sesuai dengan yang disampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang mencontohkan pada kita agar rutin membaca ketiga surat tersebut sebagai zikir pada pagi dan petang hari. Dengan mengamalkannya, Insyaallah seseorang bisa mendapatkan perlindungan dan penjagaan Allah dari semua keburukan, baik yang berasal dari jin maupun manusia.

Cara mudah menghapal Alquran

Ingatlah bahwa proses menghapal Al-Quran adalah perjalanan spiritual yang memerlukan konsistensi dan ketekunan. Selalu jadikan niat teman-teman sebagai fokus utama dan berusaha sebaik mungkin dengan keyakinan bahwa Allah akan membantu teman-teman dalam usaha yang dilakukan tersebut.

Baca juga:  Download Ebook Anak Bergambar: Seri Kebiasaan Anak Saleh; Bagaimana Aku Makan

Menghapal Al-Quran adalah tujuan yang mulia, tetapi juga memerlukan usaha, kesabaran, dan konsistensi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda dalam menghapal Al-Quran:

Niat yang Ikhlas: Niatkan menghapal Al-Quran semata-mata untuk mendapatkan keridhaan Allah. Niat yang tulus dan ikhlas akan memberikan teman-teman motivasi yang kuat untuk melanjutkan perjalanan menghafal.

Membaca dengan Tartil: Ketika membaca Al-Quran, usahakan untuk membacanya dengan tartil, yaitu pelan dan jelas. Ini akan membantu otak teman-teman lebih mudah menerima dan memproses informasi.

Pilih Surah yang Mudah: Mulailah dengan surah-surah yang lebih pendek dan mudah diingat. Ini akan memberi teman-teman dorongan dan kepercayaan diri saat teman-teman berhasil menghafal beberapa surah.

Waktu yang Tetap: Tetapkan jadwal harian yang konsisten untuk menghafal. Pilih waktu di mana teman-teman merasa pikirannya paling segar, seperti setelah salat Fajr atau setelah salat Isya.

Pengulangan: Metode pengulangan adalah kunci dalam menghapal. Ulangi ayat-ayat yang teman-teman hafal secara berkala. Teman-teman dapat mengulangnya beberapa kali dalam sehari.

Berpegang pada Satu Guru: Jika memungkinkan, carilah seorang guru yang ahli dalam tajwid dan hafalan Al-Quran. Mereka dapat membimbing teman-teman dengan benar dalam membaca dan menghafal.

Baca juga:  Sunan Kalijaga dan Air Nira Jadi Emas (Cerita Rakyat Provinsi Jawa Tengah)

Tafsir dan Makna: Memahami makna dan tafsir ayat-ayat yang teman-teman hafal dapat membantu teman-teman menghubungkan dengan teks tersebut secara lebih dalam. Ini juga membantu dalam mengingat konteksnya.

Gunakan Metode Visualisasi: Beberapa orang menemukan metode visualisasi efektif. Cobalah membayangkan ayat-ayat yang teman-teman baca dalam pikiran saat teman-teman mencoba mengingatnya.

Gunakan Bantuan Audio: Mendengarkan rekaman suara Qari yang terkenal saat teman-teman membaca juga dapat membantu teman-teman mengikuti tajwid dengan lebih baik.

Berdoa dan Bersabar: Mintalah bantuan Allah dalam usaha teman-teman. Bersabarlah karena menghafal Al-Quran adalah perjalanan yang memerlukan waktu dan kesabaran.

Mengajar Orang Lain: Membantu mengajarkan Al-Quran kepada orang lain juga dapat membantu teman-teman mengingat apa yang telah teman-teman hafal. Ini juga memberikan rasa berbagi dan pahala yang lebih besar.

Hindari Menghapal Secara Berlebihan: Jangan memaksa diri teman-teman untuk menghafal terlalu banyak dalam satu sesi. Itu dapat menyebabkan kelelahan mental dan kurang efektif dalam jangka panjang.

Beristirahat yang Cukup: Pastikan teman-teman mendapatkan istirahat yang cukup agar otak teman-teman dapat berfungsi dengan baik.

baca download print 2500 ebook
Baca download print 2500 ebook anak di elibrary.id

error: Content is protected !!
download ebook anak pdf paket ramadhan