Tafsir Surat an-Naas Ayat 2

 21,115,175 total views,  2,100 views today

Allah Tempat Berlindung dari Semua Permasalahan

مَلِكِ ٱلنَّاسِ

malikin-nās

Raja manusia

Tafsir Juz ‘Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Ini adalah salah satu sifat dari sifat-sifat yang Allah miliki: “Rabb” dan “Malik” adalah dua nama dari nama-nama Allah ﷻ yang agung.

Tidak ada raja bagi manusia selain Dia – عز وجل – , dan tidak siapapun yang mencampurinya dalam kerajaan yang menguasai manusia dan alam seluruhnya.

Mereka seluruhnya adalah milik dan hamba Allah.

Mereka semua di bawah pengaturan yang Allah tetapkan, dan di antara hamba Allah ada yang memiliki sifat buruk yang mencelakai hamba Allah lainnya.

Maka kita hendaknya memohon perlindungan dari Allah agar terhindar dari dampak keburukan yang dihasilkan oleh perbuatan orang-orang buruk itu, karena Dialah yang mampu menundukkan keburukan-keburukan itu.

Dialah Allah – عز وجل – raja langit dan bumi beserta isinya, yang tidak satupun mencampurinya dalam mengatur kehidupan di dunia ini.

Baginya kekuasaan dan kerajaan pada hari kiamat dan tidak satupun dari makhluknya yang ikut campur dalam kekuasaan itu, sedangkan di dunia Allah menakdirkan beberapa hamba-Nya untuk menjadi penguasa, akan tetapi kekuasaan mereka sangat terbatas, dan bukan pula kekuasaan yang mutlak.

Mereka adalah raja-raja yang lemah dibandingkan kekuasaan Allah yang Mahabesar itu.

Kekuasaan raja-raja di bumi hanyalah titipan dari sang penguasa langit dan bumi.

Allah berhak memberikan kepada siapapun dari hamba-Nya kekuasaan dan Dia ﷻ juga berhak mencabut kekuasaan itu.

Allah – عز وجل – berfirman :

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu)

[QS. Ali Imran : 26 ].

Kekuasaan yang dipegang oleh raja-raja di bumi hanyalah sebatas sampai ajal menjemput mereka, sedangkan kerajaan di akhirat semuanya milik Allah ﷻ sang pencipta langit dan bumi. ***

Sumber dan Kontributor

  • Materi: tafsirweb.com
  • Gambar: freebibleimages.org
  • Editor: Kak Nurul Ihsan
  • Sumber link: klik di sini

Abadikan hartamu dengan donasi sedekah jariyah membantu kemajuan ebookanak.com berkhidmat untuk umat. Klik di sini

Cloud Hosting Partner:

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, owner jasa penerbitan buku CBM Studio, serta Kreator 500 buku anak yang sudah aktif berkarya sejak 1991 hingga sekarang.

 1,733 total views,  1 views today