Haji Agus Salim Mahir Berkomunikasi dalam 9 Bahasa Asing di Dunia

 21,204,849 total views,  2,095 views today

Kenapa Haji Agus Salim Dijuluki The Grand Old Man?

“Haji Agus Salim seorang ulama dan intelek. The Grand Old Man,” ujar Soekarno.

Pernyataan Bung Karno yang ditunjukkan pada lelaki kelahiran Kota Gadang, 8 Oktober 1884 dengan nama asli Masyudul Haq (bermakna; pembela kebenaran) itu benar adanya.

Semasa hidup Agus Salim memang seorang intelek dan polyglot (orang yang menguasai berbagai bahasa) 9 bahasa asing di dunia.

Mengenai asal-usul nama Agus Salim sendiri jika dirunut sudah dimulai sejak Masyudul haq kecil masih berada di Kota Gadang, Sumatra Barat.

Ketika Masyudul kecil, dia diasuh oleh seorang pembantu asal Jawa yang memanggil anak majikannya “den bagus” yang kemudian dipendekan menjadi “gus.”

Kemudian teman sekolah dan guru-gurunya pun ikut memanggilnya “Agus”.

Ketika berusia 6 tahun, Agus Salim diterima pada sekolah dasar Belanda, ELS (Europeese Lagere School).

Setelah lulus, dia dikirim ke Batavia untuk belajar di HBS (Hogere Burger School).

Dia lulus dengan angka tertinggi, tidak saja di sekolahnya, tetapi juga untuk sekolah HBS lain (Bandung dan Surabaya).

Namanya terkenal di seantero Hindia Belanda di kalangan kaum kolonial dan terpelajar.

12 KH. Agus Salim Mahir Banyak Bahasa Asing dan Bahasa Daerah
KH. Agus Salim hidup dalam kesederhanaan

Raden Ajeng Kartini pun sampai menghibahkan beasiswa kepadanya sebesar 48.000 gulden setelah beasiswa kedokteran yang diajukan Agus Salim ditolak oleh pemerintah Belanda.

Namun, Agus Salim memilih untuk bekerja setelah penolakan pertamanya diajukan.

Tahun 1905, Agus Salim mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah dan pengurus urusan haji di Konsulat Belanda di Jeddah.

Pada periode inilah, dia memperdalam agama Islam dengan berguru pada pamannya, Syech Ahmad Khatib.

Sepulang ke Tanah Air, dia sempat bekerja di dinas pekerjaan umum.

Pada 1917, dia terjun ke dunia media massa dengan mendirikan dan sebagai pemimpin redaksi harian NeratjaHindia BaroeFadjar Asia, dan Moestika.

Bersamaan dengan itu, dia terjun ke dunia politik pergerakan melalui Sarekat Islam.

Tahun 1921-1924, Agus Salim menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) mewakili Sarekat Islam.

Meskipun poliglot, dia justru yang pertama kali berpidato dalam bahasa Melayu/Indonesia di sidang Volksraad.

Setelah menikah dengan Zainatun Nahar, Agus Salim kemudian memboyong istrinya kembali ke Jakarta.

Dari sinilah kehidupan dan keadaan rumah tangganya dia jalani dengan sederhana dengan beberapa kali pindah rumah kontrakan di sekitaran Jakarta.

la pernah tinggal di rumah kontrakan di Tanah Tinggi yang jalannya berlumpur di musim hujan, atau menumpang di rumah seorang kawannya.

Padahal sebagai seorang pemimpin sebuah organisasi besar seperti Sarekat Islam, Agus Salim dapat hidup serba berkecukupan di zaman kolonial tersebut.

Namun Ia lebih mengedepankan motto hidupnya sebagaimana tercatat dalam tulisan Muhammad Roem dan Kasman setelah mereka berkunjung ke rumah kontrakan Agus Salim pada tahun 1920-an.

“Jalan pemimpin bukan jalan yang mudah. Memimpin adalah jalan yang menderita. Seperti bunyi pepatah kuno Belanda: leiden is lijde—memimpin adalah menderita.” ***


  • Editor: Kak Nurul Ihsan
  • Gambar: https://direktoratk2krs.kemsos.go.id
  • Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Bantu Gerakan Indonesia Cerdas Literasi di www.ebookanak.com dengan donasi, sedekah jariyah, infaq, dan zakat. Klik dsini

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kekalkan-hartamu-dengan-donasi-sedekah-jariyah-di-sini-2.jpg

Amal jariyah bukan hanya membangun masjid saja. Berdonasi untuk ikut membantu membangun dan mengembangkan website bacaan anak bergambar yang bermanfaat, juga termasuk amal jariyah. Donasi/infaq/sedekah terbaik di www.ebookanak.com Insya Allah termasuk amal sedekah jariyah yang pahalanya akan terus-menerus mengalir kepada sahabat donatur hingga sampai di alam barzah (alam kubur) karena donasi tersebut sepenuhnya digunakan untuk pembuatan ebook anak terbaru dan pengembangan situs www.ebookanak.com menjadi sebuah portal bacaan digital anak muslim free online Inspirasi Dunia yang bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam upaya mendukung Program Sosial Edukasi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.

Keutamaan Bersedekah Jariyah di ebookanak.com
Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-quran terputus setelah berhenti baca al-quran.

Sedangkan pahala sedekah jariyah di www.ebookanak.com tidak terputus sekalipun pemberi sedekahnya sudah meninggal dunia. Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai karena semua konten di www.ebookanak.com terus dapat diakses pembaca selama 24 jam/hari, 7 hari/minggu, secara terus-menerus tanpa terputus sejak April 2016 hingga detik ini, dan Insyaallah seterusnya dengan seizin Allah Azza wa Jalla.

Terimakasih atas donasi para sahabat literasi. Insya Allah menjadi amal sedekah jariyah yang tetap dan terus mengalir pahalanya sampai di alam barzah (alam kubur). Amin ya robbal alamin.

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, dan Kreator 500 buku anak yang sudah berkarya sejak 1991 hingga sekarang bersama tim CBM Studio. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Download Paket 400 Judul Ebook Anak Legal karya Kak Nurul Ihsan & tim www.ebookanak.com

Download Paket lengkap dan hemat 400 judul ebook anak karya Kak Nurul Ihsan dan tim dengan tema beragam: dengan donasi Rp 365 ribu dikirimkan via email: Seri 25 Kisah Nabi dan Rasul, Seri Asmaul Husna, Seri Doa Harian Bergambar, Seri Tata Cara Shalat, Seri Juz Amma Bergambar, Seri Sains dan Ilmu Pengetahuan, Seri Rukun Iman, Seri Rukun Islam, Seri Akidah, Seri Akhlak, Seri Kisah Para Sahabat, Seri Komik Pengetahuan, Seri Komik Islami, Seri Fikih Ibadah, Seri Hadits, Seri Dongeng Nusantara, Seri Dongeng Fabel, Seri Ensiklopedia, Seri Flora Dan Fauna, Seri Mewarnai, Seri Aktifitas Calistung, dll.

 84,993 total views,  1 views today