Abdul Muis, Pandai Berdebat dan Berpidato

 19,123,679 total views,  11,638 views today

1 Abdul Muis Pandai Berdebat dan Berpidato
  • Seorang sastrawan, politikus, dan wartawan Indonesia. Dia merupakan pengurus besar Sarekat Islam dan pernah menjadi anggota Volksraad mewakili organisasi tersebut.
  • Ia membantu harian?De Express?untuk menulis karangan yang menangkis penghinaan terhadap bangsanya Tahun 1916 ia bersama Agus Salim memimpin majalah ?Neraca?, dan juga menjadi Pemimpin Redaksi Harian Kaoem Moeda.
  • Abdul Muis juga terkenal pula pandai berdebat dan berpidato. Tahun 1913, ia kemudian masuk menjadi anggota Serekat Islam (SI), menjadi ketua SI cabang Bandung, dan menjadi anggota pimpinan sentral kommite pengurus pusat SI. Abdul Muis juga merupakan anggota Volksrad.
  • Karya-karya Abdul Muis diantaranya adalah ?Salah Asuhan? (1928), ?Surapati? (1950), ?Robert anak Surapati? (1953), ?Pertemuan Jodoh?, ?Daman Brandal?, ?Sabai nan Alui? (Cerita Rakyat Minangkabau), dan contah Surat Menyurat. Abdul Muis merupakan Sastrawan, Politisi, Wartawan Indonesia. Pendorong berdirinya Technische Hooge School (ITB, Institut Teknologi Bandung) Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Buruh Pegadaian. Pendiri Persatuan Perjuang.
  • Berasal dari Sumatera Barat
  • Lahir 3 Juli 1883 di Sungai Puar, Agam,Sumatera Barat
  • Meninggal 17 Juni 1959 di Bandung,Jawa Barat
  • Meninggal di usia 75 tahun
  • Di makamkan Cikutra, Bandung
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kekalkan-hartamu-dengan-donasi-sedekah-jariyah-di-sini-2.jpg

Kak Nurul Ihsan adalah Kreator 500 buku anak, Founder www.ebookanak.com, dan ketua Yayasan Sebaca Indonesia yang sudah berkarya di bidang penerbitan buku anak sejak 1991 hingga sekarang bersama tim kreatif CBM Studio Bandung. Selain sebagai penulis, komikus, ilustrator, desainer, dan pegiat literasi, saat ini Kak Nurul Ihsan juga menjadi inisiator Program Sosial Edukasi Cerdas Literasi dalam Gerakan Indonesia Berbudi: Berbagi Buku Anak Digital di www.ebookanak.com. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

Donasi sedekah jariyah Sahabat Literasi yang diberikan sungguh sangat berarti bagi jutaan anak di Indonesia dan global untuk bisa membaca buku anak digital berkualitas dan edukatif secara gratis!

Mari bantu terus kami dengan 3D: Doa, Dedikasi, dan Donasi sedekah jariyah untuk ikut merintis, membangun, dan mengembangkan ebookanak.com menjadi media bacaan digital anak free online terbesar dan terbaik di Asia yang bermanfaat bagi umat dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Terimakasih dan Salam Indonesia Cerdas Literasi. (Kak Nurul Ihsan Founder ebookanak.com & Penulis 500 Buku Anak)

Donasi Sedekah Jariyah KLIK DI SINI.

Sumber dan Kontributor
Kementerian Sosial RI
Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan,
Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial
Jl. Salemba Raya 28 Jakarta Pusat
Kode Pos 10430
Telp: (021) 3100436
email: direktoratk2krs.kemsos.go.id
https://direktoratk2krs.kemsos.go.id

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower ? 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

 984 total views,  4 views today