Pesan Nabi Muhammad Kepada Pengemis

Loading

baca buku online 52 kisah Terbaik Nabi Muhammad penuh hikmah teladan21 Apa Alasan Rasulullah Saw Memberi Kapak Pada Seorang Pengemis

Suatu waktu Nabi SAW pernah memberikan uang dan kapak kepada seorang pengemis dan berkata, “Ini uangmu, satu dirham untuk membeli makanan untukmu dan keluargamu. Sisanya untuk membeli kapak, carilah kayu bakar kemudian juallah. Aku tidak ingin melihatmu lagi selama lima belas hari,” kata Nabi.

Lalu pengemis itu pergi dan menjalankan perintah Nabi صلى الله عليه وسلم.

Lima belas hari kemudian ia datang lagi dan telah memiliki sepuluh dirham.

Lima dirham dia belanjakan untuk membeli pakaian dan selebihnya untuk makanan bagi keluarganya. 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Hal ini lebih baik bagimu karena mengemis hanya akan menyebabkan noda di wajahmu di akhirat nanti. Tidak layak bagi seorang mengemis kecuali dalam tiga hal: (1) Fakir miskin yang benar-benar tidak mempunyai sesuatu (2) Utang yang tidak bisa dibayar (3) dan penyakit yang membuat seseorang tidak bisa berusaha.”

Baca juga:  Abu Bakar Menyeru Kaum Quraisy Masuk Islam

(HR Abu Dawud)

Di hadis lain, Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda: “Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Nabi صلى الله عليه وسلم juga bersabda: “Tidaklah makan seseorang lebih baik dari hasil usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Dawud ‘alaihissalam makan dari hasil usahanya sendiri.” (HR Al-Bukhari)

Dari Abu Abdullah Az-Zubair bin Al-‘Awwam ia berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Sungguh seandainya salah seorang di antara kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung dan kembali dengan memikul seikat kayu bakar dan menjualnya. Kemudian dengan hasil itu Allah mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi ataupun tidak.”

Baca juga:  Download Ebook Legal dan Printable Juz Amma for Kids, Sedekah Bernilai Pahala Ibadah Haji

(HR. Al-Bukhari)

Di riwayat lain, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: “Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah Ta’ala”

(HR Ahmad dan Ibnu Asakir)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah ditanya, pekerjaan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, pekerjaan terbaik adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perjualbelian yang dianggap baik.

(HR Ahmad dan Al-Baihaqi).

  • Naskah: Kak Nurul Ihsan
  • Editor: Kak Nurul Ihsan
  • Ilustrasi: www.ebookanak.com/Uci Ahmad Sanusi

Kekalkan hartamu dengan sedekah jariyah membantu update ebook terbaru. Klik di sini

Video: Rasulullah Saw dan Pengemis

Cloud Hosting Partner:

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Baca juga:  Moli Berjanji Tidak Akan Main Berlebihan
jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, owner jasa penerbitan buku CBM Studio, serta Kreator 500 buku anak yang sudah aktif berkarya sejak 1991 hingga sekarang. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

Download ebook anak PDF klik di sini: 0815 6148 165

Loading

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

download ebook anak pdf paket ramadhan