Komik Adab Bahaya Makan Minum Berlebihan

Loading

komik anak islam

Jauhilah oleh kamu makan dan minum berlebih-lebihan, karena yang demikian dapat merusak kesehatan tubuh, menimbulkan penyakit dan memberi kemalasan (kesulitan) ketika akan bershalat.

Dan hendaklah bagimu bersikap sedang (cukupan) karena yang demikian akan membawa kebaikan pada tubuh, dan menjauhkan diri dari sikap berlebih-lebihan.
(HR. Bukhari)

10 Makanan dan Minuman yang Diharamkan dalam Islam

  1. Daging babi: Daging babi dan semua produk yang berasal dari babi diharamkan dalam Islam, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran (Surat Al-Baqarah 2:173).
  2. Daging hewan yang tidak disembelih secara Islami: Dalam Islam, daging hewan harus disembelih dengan cara yang benar (disebut sebagai “dhabiha”) dengan menyebut nama Allah pada saat menyembelihnya. Daging hewan yang tidak disembelih dengan cara ini diharamkan, kecuali dalam keadaan darurat.
  3. Alkohol: Semua jenis minuman keras yang mengandung alkohol, baik dalam kadar apapun, diharamkan dalam Islam. Alkohol dianggap sebagai zat yang memabukkan dan merusak kesehatan serta akal sehat.
  4. Bangkai: Daging hewan yang sudah mati secara alami atau bukan disembelih dengan cara yang Islami, serta daging yang ditemukan dalam keadaan membusuk atau bangkai, diharamkan.
  5. Darah: Konsumsi darah hewan diharamkan dalam Islam. Darah dianggap sebagai simbol kehidupan dan Allah memerintahkan untuk tidak mengonsumsinya (Surat Al-An’am 6:145).
  6. Hewan yang disembelih untuk selain Allah: Hewan yang disembelih untuk tujuan penyembahan atau disembelih dengan menyebut nama selain Allah diharamkan dalam Islam.
  7. Hewan buas yang mempunyai taring dan cakar yang tajam: Hewan buas seperti singa, harimau, serigala, dan beruang diharamkan dalam Islam.
  8. Hewan yang dipergunakan dalam ibadah berhala: Hewan yang dipergunakan untuk berbagai praktik penyembahan berhala diharamkan dalam Islam.
  9. Makanan dan minuman yang mengandung bahan aditif haram: Makanan atau minuman yang mengandung bahan aditif yang diharamkan dalam Islam, seperti gelatin yang berasal dari hewan yang tidak halal, juga diharamkan.
  10. Semua makanan dan minuman yang jelas-jelas diharamkan: Selain makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas, Islam juga melarang segala makanan atau minuman yang secara jelas diharamkan atau dianggap kotor dan tidak layak dikonsumsi.
Baca juga:  Komik Adab Jika Shalat Mengantuk
baca buku online, buku aktivitas anak jenius TK A B_019 belajar mengenal makanan dan minuman yang sehat
Makan dan minumlah yang sudah jelas kehalalannya, bergizi, baik, dan tidak membahayakan bagi kesehatan. (Gambar: ebookanak.com/Uci Ahmad Sanusi)

(www.ebookanak.com)

Kontributor:

  • Naskah: Nurul Ihsan
  • Ilustrasi: Uci Ahmad Sanusi
  • Desain layout: Yuyus Rusamsi
  • Penerbit: Anak Kita (Jakarta, Indonesia) dan Edukid Distributors Sdn. Bhd. (Malaysia)
  • Hak cipta/copy right: Nurul Ihsan/www.cbmagency.com
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah lengkapi-rumah-dan-sekolahmu-dengan-elibrary-id.jpg
jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *