Komik Adab Menjaga Puasa

Loading

komik anak islam

Sesungguhnya puasa adalah tabir penghalang (dari perbuatan dosa).

Apabila seseorang di antara kamu sedang berpuasa, janganlah ia mengucapkan sesuatu yang keji dan berbuat jahil.

Andai ada orang lain yang mengajak berkelahi atau menunjukkan cercaan kepadanya, hendaknya ia berkata: Aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa.

(HR. Bukhari Muslim dari Abu Hurairah)

Adab Menjaga Puasa

Niat yang ikhlas:

Sebelum memulai puasa, penting untuk berniat secara tulus ikhlas untuk berpuasa. Niat ini harus dilakukan sebelum fajar menyingsing, baik secara lisan maupun dalam hati.

Menjaga ibadah puasa:

Selama puasa, seseorang diharapkan untuk menjaga diri dari segala hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan intim, atau melakukan tindakan yang melanggar aturan puasa.

Baca juga:  Workbook Legal dan Printable Super Pintar Calistung Transportasi (29)

Menjaga lidah:

Rasulullah Muhammad saw. mengajarkan agar menjaga perkataan dan tidak berbicara secara negatif atau mencela orang lain selama berpuasa. Lidah yang baik adalah lidah yang berbicara dengan kebaikan dan menghindari ghibah (menggunjing), memfitnah, atau perkataan yang menyakiti orang lain.

Menjaga pandangan:

Adab menjaga puasa juga termasuk menjaga pandangan. Rasulullah Muhammad saw. menekankan pentingnya menghindari melihat hal-hal yang tidak layak atau melanggar aturan agama. Ini mencakup menghindari konten yang tidak senonoh atau melihat hal-hal yang merangsang nafsu yang dapat mengganggu kesucian puasa.

Arti doa berbuka puasa: Ya Allah, untuk-Mu-lah aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih.
Doa berbuka puasa: Alloohumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘alaa rizqika afthortu bi rohmatika yaa arhamar roohimiin. (Gambar: ebookanak.com/Kak Nurul Ihsan)

Meningkatkan ibadah dan zikir:

Selain menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seorang Muslim diharapkan untuk meningkatkan ibadah dan zikir selama bulan puasa. Mengingat Allah, membaca Al-Quran, berdoa, dan melakukan amal kebajikan lebih sering dianjurkan selama bulan Ramadan.

Baca juga:  Komik Hadits Jauhi Sifat Kikir

Menjaga perbuatan baik:

Adab menjaga puasa meliputi menjaga perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk. Rasulullah Muhammad saw. menyatakan bahwa puasa bukan hanya tentang menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi juga tentang menahan diri dari tindakan dan perilaku yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Mengerjakan salat sunah rawatib setelah shalat fardu
Berdoa dan berzikir setelah shalat fardu. (Gambar: ebookanak.com/Kak Nurul Ihsan)

Bersikap sabar dan menjaga emosi:

Puasa adalah waktu untuk meningkatkan kesabaran dan pengendalian diri. Dalam situasi yang menantang atau ketika seseorang dirangsang untuk bereaksi secara emosional, disarankan untuk menjaga ketenangan, mengendalikan emosi, dan menjauhi konflik.

Meningkatkan belas kasihan:

Selama bulan Ramadan, diharapkan agar umat Muslim meningkatkan belas kasihan dan membantu sesama. Memberikan sedekah, berbagi makanan, atau melakukan tindakan kebaikan lainnya adalah bagian dari adab menjaga puasa.

Baca juga:  Khat Bacaan Doa Bagi yang Menghidangkan Makanan

Kontributor:

  • Naskah: Kak Nurul Ihsan
  • Ilustrasi: Uci Ahmad Sanusi
  • Desain layout: Yuyus Rusamsi
  • Penerbit: Anak Kita (Jakarta, Indonesia) dan Edukid Distributors Sdn. Bhd. (Malaysia)
  • Hak cipta/copy right: Nurul Ihsan/www.cbmagency.com
jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *