Quispedia: Siapa Dia?

Loading

Siapa Dia
  • Judul: Siapa Dia?
  • Seri: Cerita Anak Bergambar
  • Penulis: Kanchan Bannerjee
  • Ilustrator: Taufik Nur Hilmi
  • Penyunting: Nila Azmi Ismail
  • Isi Buku: 44 halaman
  • Bahasa: Indonesia
  • Sumber & Kontributor: storyweaver.org.in, Kemdikbud

Sumber dan Kontributor

Penerjemahan Cerita Anak Bekerja Sama dengan StoryWeaver dan Let’s Read Asia

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melaksanakan program penerjemahan cerita anak untuk menunjang Gerakan Literasi Nasional, khususnya pemerkayaan literasi anak. Tahun 2021, melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Penerjemahan, Badan Bahasa telah menerjemahkan 1.375 judul buku cerita anak dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan 343 judul dari bahasa daerah ke bahasa Indonesia. Buku-buku cerita anak berbahasa asing diperoleh dengan melakukan kerja sama dengan Pratham Books dan Let’s Read-The Asia Foundation.

Baca juga:  Ebook Legal dan Printable Menulis Huruf Tegak Bersambung Kisah Nabi Muhammad 4 (35)

Sampai tahun 2024, KKLP Penerjemahan mempunyai target untuk menyelesaikan 5.000 judul terjemahan cerita anak dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Untuk mencapai target itu, dilakukan seleksi judul buku dan penerjemah, penelaahan terjemahan, penyesuaian ilustrasi, dan pengurusan lisensi penerjemahan dari penerbit atau penulis buku sumber. Ada juga penilaian mengenai ilustrasi buku sumber, terutama yang sesuai dengan budaya Indonesia.

Terjemahan buku cerita anak ini disebarluaskan dalam bentuk buku cetak dan disebarluaskan. Sementara buku elektronik (e-book), yang diunggah di laman storyweaver.org.in dan www.letsreadasia.org, dapat diunduh secara gratis.

Dengan begitu, diharapkan cerita-cerita anak dari seluruh dunia yang sudah berbahasa Indonesia dapat lebih mudah diakses dan dapat meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

Baca juga:  Jenderal Ahmad Yani Ditembaki Gerombolan PKI di Depan Kamar Tidurnya

Terjemahan ini diterbitkan pada tahun 2021 sebagai produk kegiatan Penerjemahan Buku Cerita Anak yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

badanbahasa.kemdikbud.go.id