Ebook Anak

Tata Cara Shalat Wajib: Itidal

 17,884,219 total views,  11,326 views today

Ketika sujud, tujuh anggota badan menempel di lantai dan sambil membaca doa sujud.

I’tidal

I’tidal atau bangun dari rukuk sambil mengangkat punggung dari rukuk dengan mengangkat tangan membaca doa itidal:

Sami’alloohu liman hamidah

“Allah Maha Mendengar terhadap hamba yang memuji-Nya.”

Setelah berdiri tegak sempurna kemudian kamu baca doa i’tidal:

Robbanaa lakalhamdu mil-us samaa-waa-ti wa mil- ur ardhi wa mil-umaa syi’ta min-syai-in ba’du

“Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi serta sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudah itu.

Mengucapkan takbir ‘Alloohu akbar’ lalu bersujud.

Alloohu akbar
‘Allah Mahabesar’

Sujud
Ketika sujud, tujuh anggota badan menempel di lantai dan sambil membaca doa sujud:

Sub-haana robbiyal a?laa wa bihamdih (3 kali)
“Mahasuci Tuhanku Yang Mahatinggi dan aku memuji kepada-Nya.”

Tujuh anggota badan yang termasuk anggota sujud yaitu: dua telapak tangan, dua telapak kaki, dua lutut (kanan dan kiri) dan wajah (kening dan hidung).

Duduk di antara dua sujud (iftirosy)
Bangun dari sujud sambil mengucapkan takbir ‘Alloohu akbar’ lalu duduk di antara dua sujud (iftirosy). Yaitu posisi kita duduk di atas telapak kaki kiri dan menegakkan kaki kanan dan membaca doanya:

Robbigh- firlii warhamnii waj-burnii warfa’nii war zuqnii wahdinii wa-‘aa finii wa’fu-‘annii.

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, tutuplah aibku, tunjukanlah aku ke jalan yang lurus, dan karuniakanlah rezeki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah aku kesehatan, dan berilah ampunan kepadaku.”
Sampai sujud kedua ini, rokaat pertama sudah selesai.

Kemudian dilanjutkan dengan rokaat kedua dan rokaat seterusnya sesuai jumlah rokaat shalat fardu yang sedang dikerjakan.

Bangun dari sujud
Lalu berdiri tegak sambil mengucapkan takbir ‘Alloohu akbar’ seperti rokaat pertama.

Berdiri tegak
Kemudian membaca surat Al-Fatihah seperti pada rokaat pertama, dilanjutkan membaca surat Al-Qur’an lainnya. Misalnya, surat Al-Ashr:

Wal ‘ashri. Innal insaana lafii khushri. illalladzii na-aamanuu wa amilush-shoolihaati wa tawaa shaubil haqqi, wa ta waa shaubish-shobri.

“Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Bantu Gerakan Indonesia Cerdas Literasi di www.ebookanak.com dengan donasi, sedekah jariyah, infaq, dan zakat. Klik dsini

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kekalkan-hartamu-dengan-donasi-sedekah-jariyah-di-sini-2.jpg

Selain membangun masjid, berdonasi untuk ikut membantu membangun dan mengembangkan website bacaan anak bergambar yang bermanfaat, juga termasuk amal sedekah jariyah.

Donasi/infaq/sedekah terbaik di www.ebookanak.com Insya Allah termasuk amal sedekah jariyah yang pahalanya akan terus-menerus mengalir kepada sahabat donatur hingga sampai di alam barzah (alam kubur).

Karena donasi tersebut sepenuh hati digunakan untuk pembuatan ebook anak terbaru dan pengembangan situs www.ebookanak.com menjadi sebuah portal bacaan digital anak muslim free online Inspirasi Dunia yang bermanfaat bagi umat dan bangsa dalam upaya mendukung Program Sosial Edukasi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.

Keutamaan Bersedekah Jariyah di ebookanak.com

Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-quran terputus setelah berhenti baca al-quran.

Sedangkan pahala sedekah jariyah di www.ebookanak.com tidak terputus sekalipun pemberi sedekahnya sudah meninggal dunia. Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai karena semua konten di www.ebookanak.com terus dapat diakses pembaca selama 24 jam/hari, 7 hari/minggu, secara terus-menerus tanpa terputus sejak April 2016 hingga detik ini, dan Insyaallah seterusnya dengan seizin Allah Azza wa Jalla.

Terimakasih atas donasi para sahabat literasi. Insya Allah menjadi amal sedekah jariyah yang tetap dan terus mengalir pahalanya sampai di alam barzah (alam kubur). Amin ya robbal alamin.

Kak Nurul Ihsan adalah Inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi, Ketua Yayasan Sebaca Indonesia, Founder www.ebookanak.com, dan Kreator 500 buku anak yang sudah berkarya sejak 1991 hingga sekarang bersama tim CBM Studio. Profil dan karya buku Kak Nurul Ihsan dan tim CBM Studio dapat dilihat di sini.

jasa ilustrasi, komik, layout/setting, dan desain grafis.

Download Paket 400 Judul Ebook Anak Legal karya Kak Nurul Ihsan & tim www.ebookanak.com

Download Paket lengkap dan hemat 400 judul ebook anak karya Kak Nurul Ihsan dan tim dengan tema beragam: dengan donasi Rp 365 ribu dikirimkan via email: Seri 25 Kisah Nabi dan Rasul, Seri Asmaul Husna, Seri Doa Harian Bergambar, Seri Tata Cara Shalat, Seri Juz Amma Bergambar, Seri Sains dan Ilmu Pengetahuan, Seri Rukun Iman, Seri Rukun Islam, Seri Akidah, Seri Akhlak, Seri Kisah Para Sahabat, Seri Komik Pengetahuan, Seri Komik Islami, Seri Fikih Ibadah, Seri Hadits, Seri Dongeng Nusantara, Seri Dongeng Fabel, Seri Ensiklopedia, Seri Flora Dan Fauna, Seri Mewarnai, Seri Aktifitas Calistung, dll.

Redaksi

  • Naskah: Nurul Ihsan
  • Ilustrasi: Uci Ahmad Sanusi
  • Penerbit: Transmedia Pustaka

Sumber dan Kontributor
Penerbit Cikal Aksara
Jl. H. Montong No. 57 Ciganjur Jagakarsa
Jakarta Selatan 12630 Indonesia
021-788 830 30
Faks: 021 727 0996
www.cikalaksara.com

Jasa Penerbitan Buku
Naskah/Ilustrasi/Komik/Layout Desain/Cetak
WA: 0815 6148 165
Telp: (022) 87824898
e-mail: cbmagency25@gmail.com
Jl. Raden Mochtar III, No. 126, Sindanglaya,
Bandung, Jawa Barat 40195

Cloud Hosting Partner:
PT Dewaweb
AKR Tower 16th Floor
Jl. Panjang no.5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Email: sales@dewaweb.com
Phone: (021) 2212-4702
Mobile: 0813-1888-4702
www.dewaweb.com

 49,486 total views,  3 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *